Kompas TV nasional rumah pemilu

Said Iqbal Pastikan Partai Buruh Dukung Anies di Pilkada Jakarta 2024: Kemungkinan Kami dan PDI-P

Kompas.tv - 25 Agustus 2024, 16:44 WIB
said-iqbal-pastikan-partai-buruh-dukung-anies-di-pilkada-jakarta-2024-kemungkinan-kami-dan-pdi-p
Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat ditemui di Jakarta, Minggu (25/8/2024). (Sumber: Ilham Kausar/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Partai Buruh Said Iqbal memastikan pihaknya akan mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Said Iqbal menyebut Partai Buruh kemungkinan akan bekerja sama dengan PDI Perjuangan untuk mengusung eks capres nomor urut 1 tersebut.

"Partai Buruh memang mengusung Pak Anies sebagai bakal calon gubernur. Kemungkinan PDI Perjuangan dan Partai Buruh, dua yang mengusung," kata Said Iqbal di Jakarta, Minggu (25/8/2024).

Baca Juga: Prabowo Batal Hadiri Muktamar PKB, Cak Imin: Kata Teddy, Beliau Masuk Angin

Iqbal menyatakan, pihaknya hari ini akan menyerahkan surat formulir model B1-KWK Parpol mengenai dukungan untuk Anies. B1-KWK merupakan surat pernyataan dukungan dari parpol untuk calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, atau wali kota/wakil wali kota.

"Fokus pertemuan hari ini memberikan SK (surat keputusan) pengusungan Pak Anies Baswedan oleh Partai Buruh," kata Said Iqbal dikutip Antara.

Anies Baswedan berpeluang diusung di Pilkada Jakarta 2024 usai Mahkamah Konsitusi menerbitkan Putusan Nomor 60/PUU-XXII/2024. Putusan ini melonggarkan syarat parpol mengajukan calon di pilkada.

Anies sendiri telah menyambangi kantor DPD PDI-P Jakarta pada Sabtu (24/8) lalu. Usai kunjungan tersebut, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menyebut Anies harus "patuh" jika ingin diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Kata Anies, pernyataan Megawati itu terkait sikap bakal calon kepala daerah yang diharuskan taat aturan dan konstitusi.

"Jadi, kita menyadari bahwa beliau (Megawati) merujuk kepada amanat konstitusi. Cita-cita bernegara, cita-cita untuk mewujudkan Indonesia satu, beragam tapi bersama dan itulah yang kita jadikan rujukan sama-sama," kata Anies usai pertemuan di DPD PDI-P Jakarta, Sabtu (24/8).

Baca Juga: Soal Anies Kunjungi Kantor DPP PDIP Jakarta, Cak Imin: Semoga Lancar


 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x