Kompas TV nasional politik

Massa Berencana Kembali Demo Muktamar PKB di Bali Hari Ini

Kompas.tv - 25 Agustus 2024, 09:18 WIB
massa-berencana-kembali-demo-muktamar-pkb-di-bali-hari-ini
Anggota Aksi Gerakan Penyelamat PKB saat deklarasi hendak unjuk rasa di Muktamar PKB hari kedua di Badung, Bali, Minggu (25/8/2024). (Sumber: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

BALI, KOMPAS.TV - Massa yang tergabung dalam gerakan penyelamat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana kembali menggelar demo di hari kedua Muktamar PKB, Minggu (25/8/2024). 

Informasi ini disampaikan Koordinator Lapangan Aksi Gerakan Penyelamat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Andi Sutomo.

Ia mengatakan ada sekitar 3.000 massa yang akan melakukan unjuk rasa di penutupan Muktamar PKB yang digelar di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, pada Minggu. 

“Kurang lebih ada 3.000 massa dari seluruh kader-kader PKB, ada yang dari luar Bali juga, Jawa Timur, Sumatera Utara, Padang, Makassar dan dari lokal Bali sendiri,” kata Andi, di Bali, Minggu dini hari.

Lebih lanjut, kata ia ribuan massa aksi ini akan berkumpul di area Lagoon ITDC Nusa Dua, atau pintu masuk utara menuju lokasi utama kongres tertinggi PKB di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Aksi unjuk rasa ini sebagai bentuk protes terhadap pelaksanaan muktamar ke -6 PKB di Bali.

Pihaknya ingin agar Muktamar PKB tersebut dibubarkan dan membawa partai tersebut kembali ke jalan pendirinya yaitu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca Juga: Muktamar PKB 2024: Cak Imin Terpilih Lagi sebagai Ketua Umum, Maruf Amin Ketua Dewan Syuro

“Tetap dijaga atau tidak kami tetap aspirasi, kalau dikasi ruang justru lebih aman karena toh kita hanya menyampaikan aspirasi sebagai kader simpatisan, kalau dikasi ruang kan lebih aman,” jelasnya, dikutip dari Antara.

Seperti diketahui, Muktamar PKB digelar pada 24-25 Agustus di Nusa Dua, Badung, Bali. 

Pada Sabtu (24/8) kemarin, sekelompok orang berunjuk rasa di luar area Muktamar PKB di Lapangan Lagun, Nusa Dua, Badung, Bali.

Massa memprotes agenda Muktamar PKB. Mereka menuntut Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mundur dan mengembalikan PKB ke PBNU.

Sementara itu, dalam Muktamar VI PKB telah menetapkan Cak Imin untuk menjabat kembali sebagai ketua umum partai politik tersebut.

Keputusan itu  ditetapkan dalam Sidang Pleno Ke-4 Muktamar PKB. Cak Imin kembali terpilih sebagai Ketua Umum secara aklamasi.

Selain itu, dalam Sidang Pleno ke-4, PKB juga menetapkan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro PKB. 

Baca Juga: Unjuk Rasa di Area Muktamar PKB, Massa Minta Cak Imin Mundur Ketua Umum dan Kembalikan ke PBNU

 


 




Sumber : Kompas TV/Antara.




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x