Kompas TV nasional rumah pemilu

Jawaban Anies soal Megawati Minta Dirinya Patuh Jika Ingin Diusung di Pilkada Jakarta

Kompas.tv - 24 Agustus 2024, 17:15 WIB
jawaban-anies-soal-megawati-minta-dirinya-patuh-jika-ingin-diusung-di-pilkada-jakarta
Kolase foto Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara ihwal permintaan Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDI-P Megawati Soekarnoputri yang memintanya untuk patuh bila ingin diusung di Pilkada Jakarta 2024. 

Menurut dia, konteks dari pernyataan Megawati itu terkait agar setiap bakal calon kepala daerah yang diusung PDI-P untuk selalu tunduk kepada aturan atau konstitusi yang berlaku di Indonesia.  

"Jadi, kita menyadari bahwa beliau (Megawati) merujuk kepada amanat konstitusi. Cita-cita bernegara, cita-cita untuk mewujudkan Indonesia satu, beragam tapi bersama dan itu lah yang kita jadikan tujukan sama-sama," kata Anies usai menggelar pertemuan dengan pejabat DPD PDI-P DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024). 

Baca Juga: Soal Kans Usung Anies, Megawati: Ngapain Saya Disuruh Dukung, Mau Nurut Enggak Ya?

Anies juga merespons terkait wacana pertemuan dirinya dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Ia menyebut belum bisa memastikan kapan waktu pasti pertemuan tersebut.

"Kita mengalir saja, nanti pada waktunya, seperti pertemuan hari ini, tidak direncanakan mengalir begitu saja, rilex, santai. Nanti kita kabari kalau ada kabar," ungkapnya dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Sebelumnya, Megawati berbicara mengenai peluang PDI-P mendukung Anies di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Megawati saat memberi arahan usai pengumuman calon kepala daerah untuk kabupaten/kota dan gubernur gelombang kedua di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2024).

Awalnya, Megawati bercerita terkait adanya sekelompok orang mengenakan baju berwarna merah-hitam yang memasang spanduk yang berisi dukungan untuk Anies.

"Tadi kan diomongin Jakarta, tadi di depan aku kaget ada baju merah hitam, tapi pasang spanduknya suruh gotong Pak Anies," ujarnya.

Presiden ke-5 RI itu lantas bertanya kepada Ketua DPP PDI-P Bidang Kehormatan Komarudin Watubun soal tujuan orang-orang tersebut.

"Saya tanya Komar, itu satgas apa ya kok namanya satgas hitamnya? Terus kata pak Komar, 'Itu satgasnya memang mau dukung Pak Anies,'" papar Mega.

"Aku bilang enak saja ya. Ngapain ku suruh dukung Pak Anies?"

Ia pun bertanya apakah benar Anies mau bergabung dengan PDI-P.

Jika mau bergabung dan didukung PDI-P, kata Megawati, eks Gubernur DKI Jakarta tersebut pun harus tunduk pada aturan partai.

Baca Juga: Potret Anies Disambut Prasetyo Edi hingga Berbincang dengan Kader PDI-Perjuangan

"Dia benar nih, kalau mau sama PDI-P, kalau mau PDI-P, jangan kayak gitu dong ya. Ya tinggal mau enggak nurut ya?" ucap Megawati.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x