Kompas TV nasional politik

Anies Baswedan Sebut PDIP Konsisten Kawal Konstitusi: Penjaga Konstitusi adalah Penjaga Negara

Kompas.tv - 24 Agustus 2024, 15:09 WIB
anies-baswedan-sebut-pdip-konsisten-kawal-konstitusi-penjaga-konstitusi-adalah-penjaga-negara
Anies Baswedan seusai melakukan pertemuan dengan kader dan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) konsisten mengawal konstitusi.

Pernyataan Anies tersebut ia sampaikan usai bertemu dan berdiskusi dengan sejumlah kader PDIP di Kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024) siang.

“Saya ingin juga sampaikan mumpung ada kesempatan ini. Kita menyaksikan beberapa hari terakhir, di mana kehidupan kebangsaan kita, kehidupan kenegaraan kita mengalami ujian,” kata Anies.

“Dalam situasi ujian seperti itu, kita menyaksikan siapa yang konsisten. Saya menyampaikan apresiasi pada PDI Perjuangan yang konsisten dalam mengawal konstitusi kita,” ujarnya.

Baca Juga: Anies Akui Bahas Pilkada dan Masa Depan Jakarta Saat Sambangi DPD PDIP DKI

Anies menyebut konsistensi tersebut harus dihormati dan dihargai karena penjaga konstitusi adalah penjaga negara.

“Konsistensi ini sesuatu yang harus kita hormati dan kita hargai, karena penjaga konstitusi adalah penjaga negara.”

Ia juga menyampaikan apresiasi pada masyarakat dan mahasiswa yang bergerak melakukan unjuk rasa untuk mencegah penyimpangan-penyimpangan.

“Secara organik tanpa ada satu komando tapi dikomando oleh hati, dikomando oleh kecintaan pada negeri, memilih untuk turun langsung mencegah terjadinya penyimpangan, mencegah praktik-praktik pelanggaran atas prinsip dasar bernegara.”

“Sikap civil society, mahasiswa, bahkan ada anak-anak STM juga, anak SMA, datang ke jalan itu menunjukkan kita masih punya stok pejuang yang banyak,” ujarnya.

Tak terkecuali pada pimpinan DPR, Anies juga menyampaikan apresiasinya karena mereka merespons aspirasi masyarakat dan menghentikan pembahasan revisi UU Pilkada.

Baca Juga: [FULL] Pernyataan Anies Baswedan soal Pembahasan di Kantor DPD PDIP Jakarta Hari Ini

“Di sisi lain, saya ingin sampaikan apresiasi pada pimpinan dewan yang kemudian merespons dan menghentikan proses penyusunan undang-undang yang cepat itu,” tuturnya.

“Sikap pimpinan dewan ini saya sampaikan apresisasi, merespons atas masyarakat, merespons atas civil society.”


Meski demikian, ia mengjak semua pihak untuk bersama-sama mengawal konstitusi, dan mengawal yang telah diamanatkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“Apa yang diamanatkan oleh MK itu dijaga sampai tuntas.”




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x