Kompas TV nasional humaniora

Ratusan Pelajar Anggota Sispala Lakukan Operasi Bersih Sampah di Gunung Gede Jabar

Kompas.tv - 24 Agustus 2024, 00:42 WIB
ratusan-pelajar-anggota-sispala-lakukan-operasi-bersih-sampah-di-gunung-gede-jabar
Kawah Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango dilihat dari puncak Gunung Gede. Ratusan pelajar yang tergabung dalam komunitas Siswa Pecinta Alam (Sispala) melakukan pendakian bersama Gunung Gede, Jawa Barat, sekaligus melalukan operasi bersih sampah di sepanjang jalur pendakian pada 23-25 Agustus 2024. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ratusan pelajar yang tergabung dalam komunitas Siswa Pecinta Alam (Sispala) melakukan pendakian bersama di Gunung Gede, Jawa Barat (Jabar).

Mereka juga sekaligus melalukan operasi bersih sampah di sepanjang jalur pendakian pada 23-25 Agustus 2024. 

Gunung Gede adalah salah satu wisata pendakian populer yang terletak di tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

Maka dari itu, Gunung Gede memiliki tiga jalur pendakian dari masing-masing kabupaten, yaitu Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana.

Seluruh kawasan pendakian ini adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). TNGGP merupakan salah satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia.

Pelepasan peserta pendakian bersama dilakukan oleh Sekdis Pendidikan DKI Jakarta, di Kantor Dinas Pendidikan DKI, Jakarta Selatan, Jumat (23/8). 

Ketua Pelaksana Pendakian Bersama Dedi Satria mengatakan, total ada 270 anggota Sispala DKI Jakarta yang ikut serta dalam pendakian bersama ini.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

Baca Juga: Pengibaran Bendera Merah Putih Di Puncak Gunung Bawakaraeng

"Pendakian Bersama Siswa Pecinta Alam (Sispala) Jakarta tahun ini diikuti pelajar tingkat SMA dan sederajat dari 40 sekolah di Jakarta. Pendakian bersama Gunung Gede ini juga akan diikuti Sispala dari Cianjur, Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, dan Bekasi," kata Dedi kepada Kompas.tv, Jumat (23/8). 

Selain para siswa, terdapat 65 guru pendamping dan alumni Sispala yang akan memberikan pengarahan serta melakukan pengawasan. 

"Peserta pendakian gunung bersama ini tidak dipungut biaya alias gratis," ujar Dedi.  




Sumber :




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x