Kompas TV nasional politik

PBNU Bakal Umumkan Hasil Kesimpulan Pansus sebelum Muktamar PKB

Kompas.tv - 21 Agustus 2024, 22:10 WIB
pbnu-bakal-umumkan-hasil-kesimpulan-pansus-sebelum-muktamar-pkb
Ketua PBNU Umarsyah dalam konferensi pers, Rabu (21/8/2024). Panitia Khusus (Pansus) PBNU akan segera mengumumkan hasil kesimpulan yang menurutnya untuk membenahi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Sumber: Tangkapan layar kanal YouTube TVNU)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panitia Khusus (Pansus) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan segera mengumumkan hasil kesimpulan yang menurutnya bertujuan untuk membenahi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua PBNU Umarsyah menyebut hasil kesimpulan tersebut bakal disampaikan dalam 1-2 hari ke depan.

"Pertama, kaitannya dengan pembacaan hasil atau konklusi dari tim Pansus ini menjadi kewenangannya Kiai Anwar dan Kiai Amin Said Husni, tetapi insyaallah 1-2 hari ini akan disampaikan," kata Umarsyah dalam konferensi pers, Rabu (21/8/2024).

Dengan demikian, kinerja pansus akan diumumkan sebelum Muktamar PKB yang akan diselenggarakan pada 24-25 Agustus 2024 di Bali.

Saat disinggung soal Muktamar PKB, Umarsyah menyebut pihaknya menunggu arahan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya untuk merespons kegiatan tersebut.

"Kaitannya apa yang akan kita lakukan dalam menghadapi Muktamar PKB, kita sedang menunggu instruksi Ketua Umum PBNU," ujarnya.

Baca Juga: Cak Imin Tak Penuhi Undangan, PBNU: Padahal Kami Sudah Tunjukkan Niat Baik

Pasalnya, kata dia, PBNU berada di bawah satu komando yaitu komando Ketua Umum.

"Tapi yakinlah bahwa proses-proses ini semua berjalan menuju ke satu titik, insyaallah akan terjadi perubahan-perubahan yang lebih baik untuk DPP PKB," jelasnya.

"Kaitannya bagaimana, kapan, dan sebagainya itu kaitannya dengan strategi dan taktik itu menjadi rahasia dapurnya Ketua Umum."

Seperti diketahui, konflik antara PKB dan PBNU mencuat beberapa waktu belakangan ini.

PBNU membentuk pansus karena merasa PKB sebagai partai representasi NU, mulai keluar dari jalur.

Pansus PBNU juga telah melakukan pemanggilan kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk mengonfirmasi terkait hal tersebut pada hari ini, Rabu (21/8). Namun Cak Imin tak memenuhi pemanggilan tersebut.

Baca Juga: Cak Imin soal Perseteruan PKB-PBNU: Anda Kurang Ajar, Saya Hajar


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x