Kompas TV nasional politik

Golkar Tetapkan Bahlil sebagai Ketua Umum Hari Ini

Kompas.tv - 21 Agustus 2024, 08:24 WIB
golkar-tetapkan-bahlil-sebagai-ketua-umum-hari-ini
Calon Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Bahlil Lahadalia tiba di lokasi Munas ke-XI Partai Golkar yang berlangsung di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Golkar akan menetapkan Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum (ketum) baru hasil Munas ke-XI pada hari ini Rabu (21/8/2024). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu mendapatkan dukungan penuh dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar di tingkat I dan II.

"Jadi besok (hari ini) agendanya jam 10.00 WIB dimulai pemilihan atau penetapan ketua umum terkini periode 2024-2029 di JCC yang di tempat ini," kata Ketua Pimpinan Sidang Munas ke XI Partai Golkar Adies Kadir di JCC, Selasa (20/8/2024), malam.

"Hampir bahkan 100 persen seluruh DPD dan DPD II telah memberikan dukungan kepada saudara Bahlil, dan kemudian memberikan Bahlil untuk menjadi formatur tunggal," sambungnya. 

Baca Juga: [FULL] Munas Golkar, Bahlil Lahadalia Menang Aklamasi? Ini Jawaban Waketum Golkar & Pakar Politik

Adies menambahkan berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar, apabila memperoleh dukungan 50 persen plus satu dari pemegang hak suara maka akan langsung dinyatakan sebagai ketua umum atau ketua formatur. Dia langsung menanyakan hal itu di forum.

"Apabila terdapat calon yang memperoleh dukungan 50 persen plus 1, dari pemegang hak suara langsung dinyatakan sebagai ketua umum atau ketua formatur. Saya menanyakan apakah disetujui sebagai formatur tunggal?" ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan Bahlil Lahadalia bakal menjadi Ketua Umum Partai Golkar definitif pasca Rapimnas dan Munas XI. Kepastian itu setelah nama Bahlil lolos dalam proses verifikasi calon Ketum Golkar dan menjadi pendaftar tunggal. 

Baca Juga: Bahlil Lahadalia Pastikan Pembagian Izin Wilayah Pertambangan untuk PBNU Telah Selesai

"Kalau Ketua Umum, kita semua sudah tahu bahwa hanya satu nama yang lolos atau memenuhi syarat. Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh internal Partai Golkar, steering committee, (pendaftar) sebagai caketum hanya satu, yaitu bapak Bahlil Lahadalia. Kita akan memutuskan Pak Bahlil sebagai Ketua Umum ke depan," ujar Agus di Gedung JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (20/8/2024). 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x