Kompas TV nasional rumah pemilu

Ridwan Kamil soal Putusan MK Ubah Syarat Pilkada: Tak Masalah, yang Diuntungkan Warga

Kompas.tv - 20 Agustus 2024, 16:29 WIB
ridwan-kamil-soal-putusan-mk-ubah-syarat-pilkada-tak-masalah-yang-diuntungkan-warga
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil mengaku tak masalah dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah persyaratan untuk mengusung pasangan calon dalam Pilkada Serentak 2024. 

Menurut dia, dengan semakin banyaknya calon, nantinya warga akan diuntungkan dalam pesta demokrasi yang berlangsung pada 27 November mendatang. 

"Kalau itu bisa membuat lebih banyak lagi calon-calon pilkada di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta, yang diuntungkan adalah warga. Karena kan warga akan disuguhi oleh adu gagasan. Makin banyak gagasan yang solutif untuk permasalahan wilayahnya kan makin bagus. Saya tidak masalah, karena dengan banyak sedikit pun selama itu sesuai aturan tentunya harus dilakoni," kata Ridwan di sela-sela Munas ke-XI Partai Golkar, JCC, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024). 

Baca Juga: KPU Akan Konsultasi dengan DPR dan Pemerintah soal Putusan MK yang Ubah Aturan Pilkada

Ia menyebut dengan semakin banyaknya calon diharapkan bakal menghadirkan gagasan-gagasan yang baik terhadap permasalahan yang di sebuah daerah. 

Mantan Gubernur Jawa Barat itu mengingatkan agar dalam masa kampanye nanti tak ada pihak yang saling mencaci-maki, sehingga membuat pilkada berjalan tak baik.

"Waktu wali kota Bandung saya delapan pasang, banyak sekali. Ada independennya juga. Waktu Pilgub Jawa Barat empat pasang, juga enggak ada masalah."

"Nah di Jakarta dengan dinamikanya, mau sedikit mau banyak, tentunya kita lihat hasil akhir di pendaftaran. Setelahnya yang penting guyub gitu ya, solutif, jangan ada caci maki, ada hal-hal negatif," ujar pria yang pernah menjadi Wali Kota Bandung itu.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, MK memutuskan mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah melalui Putusan Nomor 60/PUU-XXII/2024. Putusan ini adalah gugatan dari permohonan yang diajukan oleh Partai Buruh dan Gelora.

“Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian,” kata Ketua MK Suhartoyo dalam sidang pembacaan putusan, Selasa (20/8/2024).

Dengan dikabulkannya permohonan tersebut, MK memutuskan bahwa ambang batas (threshold) pencalonan kepala daerah tidak lagi sebesar 25 persen perolehan suara partai politik/gabungan partai politik hasil Pileg DPRD sebelumnya, atau 20 persen kursi DPRD.

Baca Juga: PKS Tak Ubah Dukungan Kandidat Diusung di Pilkada 2024 Meski Ada Putusan MK: Sukseskan sampai Menang

MK memutuskan, menyamakan threshold pencalonan kepala daerah dari partai politik dengan threshold pencalonan kepala daerah jalur independen/perseorangan/nonpartai sebagaimana diatur pada Pasal 41 dan 42 UU Pilkada.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x