Kompas TV nasional politik

Politikus Golkar Sebut Pencalonan Bahlil sebagai Calon Ketua Umum Tak Langgar AD/ART Partai

Kompas.tv - 20 Agustus 2024, 14:25 WIB
politikus-golkar-sebut-pencalonan-bahlil-sebagai-calon-ketua-umum-tak-langgar-ad-art-partai
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia saat konferensi pers usai resmi mendaftar sebagai calon Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Senin (19/8/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Steering Commitee (SC) Rapimnas dan Munas ke-XI Partai Golkar Adies Kadir membantah pencalonan Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum Partai Golkar terbentur aturan di Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Salah satu aturan AD/ART yang disebut menjadi pengganjal Bahlil adalah calon Ketua Umum harus lima tahun menjadi pengurus di DPP Partai Golkar. 

Namun, Adies mengatakan, Bahlil sudah lama menjadi kader di partai berlambang pohon beringin itu, sehingga aturan tersebut tak berlaku. 

Baca Juga: Golkar Buka Kemungkinan Jokowi Diangkat Jadi Ketua Dewan Pembina

"Beliau ini sudah lebih dari 5 tahun di dalam Golkar. Beliau sudah dan sudah pernah ikut diklat bareng sama Pak Muladi, senior-senior, dan sudah menjadi Bendahara Umum di Provinsi Papua, sudah 5 tahun, 1 periode pernah jadi biro juga di Partai Golkar Kepemudaan. Jadi beliau memamg sudah lama kader Golkar," kata Adies di sela-sela Munas ke-XI Partai Golkar, JCC, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024). 

Selain itu, kata dia, ada kemungkinan AD/ART Partai Golkar juga akan mengalami perubahan dalam Rapimnas dan Munas XI yang digelar hari ini sampai besok. 

"Sangat memungkinkan (AD/ART diubah), perubaham AD/ART itu adanya di dalam Munas. Jadi setiap 5 tahun itu perubahan itu ada di dalam AD/ART. Jadi sangat memungkinkan untuk terjadi perubahan AD/ART tersebut," ujarnya. 

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan Bahlil bakal menjadi Ketua Umum Partai Golkar definitif pasca Munas XI. 

Kepastian itu setelah nama Bahlil lolos dalam proses verifikasi calon Ketum Golkar dan menjadi pendaftar tunggal. 

Baca Juga: Bahlil Resmi Daftar Jadi Calon Ketum Golkar, Klaim Kantongi Dukungan 469 Suara

"Kalau Ketua Umum, kita semua sudah tahu bahwa hanya satu nama yang lolos atau memenuhi syarat. Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh internal Partai Golkar, steering committee, (pendaftar) sebagai caketum hanya satu, yaitu bapak Bahlil Lahadalia. Kita akan memutuskan Pak Bahlil sebagai Ketua Umum ke depan," ujar Agus di Gedung JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (20/8/2024). 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x