Kompas TV nasional peristiwa

Bukan Rabu, Reshuffle Kali Ini Dilakukan Jokowi Senin Pon

Kompas.tv - 19 Agustus 2024, 07:49 WIB
bukan-rabu-reshuffle-kali-ini-dilakukan-jokowi-senin-pon
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan yang juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kiri) usai mengikuti Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024 di Gedung Nusantara, komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (Sumber: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perombakan kabinet atau reshuffle biasanya dilakukan oleh Presiden Jokowi hari Rabu Pon atau Rabu Wage. Namun kali ini, dilakukan Senin pon (19/8/2024). Tidak ada penjelasan soal pemilihan hari ini. 

Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, pelantikan para menteri akan dilakukan pada pukul 09.30.

“Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri, dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara,” ucap Ari.

Baca Juga: Jokowi Reshuffle Kabinet Pagi Ini: Ganti Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi, Wamenkominfo

Menurut Ari, sejumlah Menteri yang akan diganti adalah Yasonna Laoly, Bahlil Lahadalia, Arifin Tasrif.

“Adapun Menteri dan Kepala Badan yang akan dilantik Presiden adalah sebagai berikut: Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi, tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan,” kata Ari.  

Setidaknya sudah 11 kali Jokowi melakukan perombakan kabinet sejak 2014, yang rata-rata dipilih hari Rabu. Terakhir perombakan Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terjadi pada Rabu Pon (21/2/2024), dengan mengangkat Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisi pos Menteri Agraria dan Tata Ruang (Menteri ATR)/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto.

Baca Juga: Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Besok, Yasonna Laoly dan Arifin Tasrif Bakal Diganti

Sementara Hadi Tjahjanto mengisi pos Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang ditinggalkan Mahfud MD.

Menurut Primbon Jawa, weton Senin Pon memiliki neptu 11 yang terdiri dari nilai Senin 4 dan Pon 7. Dikutip dari GRID.id, weton Senin Pon membawa beberapa keberuntungan bagi pemiliknya, di antaranya keberuntungan rezeki, jodoh dan pekerjaan.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x