Kompas TV nasional humaniora

HUT ke-79 RI, Kemenkumham Luncurkan Desain Paspor Baru Bernuansa 33 Motif Wastra

Kompas.tv - 18 Agustus 2024, 19:45 WIB
hut-ke-79-ri-kemenkumham-luncurkan-desain-paspor-baru-bernuansa-33-motif-wastra
Menkumham Yasonna Laoly (Kanan) dan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim dan usai meluncurkan desain baru paspor di Kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024). (Sumber: KOMPAS.com/Rahel)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Imigrasi secara resmi meluncurkan desain baru paspor Republik Indonesia pada Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. 

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly dalam acara peluncuran yang digelar di Jakarta pada Sabtu (17/8/2024) mengungkapkan, desain paspor baru ini mengadopsi warna merah dan putih, yang melambangkan bendera Indonesia, menggantikan warna hijau kebiruan yang sebelumnya digunakan.

Yasonna menjelaskan, perubahan warna ini sejalan dengan semangat kemerdekaan Indonesia dan memperkuat identitas nasional. 

"Filosofinya senapas dengan kemerdekaan kita. Dengan pilihan warna ini, merah dan putih, menunjukkan identitas kita," ungkap Yasonna dikutip dari tayangan Kompas.tv.

Desain baru paspor Indonesia menampilkan kekayaan budaya Nusantara dengan menggunakan motif kain tradisional dari Sabang sampai Merauke. 

Baca Juga: Kumpulan Peristiwa: Ricuh Tolak Relokasi Pasar 16 Ilir hingga Penangkapan Maling Sembunyi di Selokan

Sebanyak 33 motif wastra yang mewakili ragam kain tradisional dari berbagai daerah di Indonesia telah dipilih dari total 5.849 motif yang ada di seluruh negeri untuk menghiasi lembaran paspor terbaru ini.

Motif-motif tersebut tidak hanya memperkaya tampilan paspor, tetapi juga merepresentasikan keberagaman budaya Indonesia.

Kemudian menjadikan paspor ini lebih dari sekadar dokumen perjalanan, tetapi juga simbol kebanggaan akan warisan budaya Nusantara.

Meski paspor dengan desain baru telah resmi diluncurkan, Warga Negara Indonesia (WNI) baru bisa mengajukan penggantian paspor mereka mulai tahun 2025.

Paspor lama dengan warna hijau dan biru masih dapat digunakan hingga masa berlakunya habis.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Silmy Karim menyampaikan, pelayanan ganti paspor lama ke baru sudah dibuka sejak 17 Agustus 2024.

"Memang ada tahapannya. Paspor yang hari ini kami rilis adalah desain barunya. Nanti, layanan (pergantian paspor) akan dibuka pertama kali pada 17 Agustus 2025," kata Silmy Karim dikutip dari akun YouTube Ditjen Imigrasi, Sabtu (17/8/2024). 

Silmy juga menambahkan, pihak imigrasi saat ini tengah mempersiapkan kebijakan terkait proses pergantian paspor lama dengan paspor baru yang berwarna merah.

Menurutnya, kemungkinan saat ini WNI bisa mengganti paspor ke desain terbaru dengan syarat berbayar.

"Fokus kami juga ada di konteks pelayanannya. Kalau misalnya saya buka pergantian paspor baru gratis, yang daftar akan terlalu banyak," tutur Silmy.

Baca Juga: Keren! Manuver 9 Pesawat F-16 TNI AU Meriahkan HUT ke-79 di IKN




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x