Kompas TV nasional peristiwa

Pembangunan IKN Dihentikan Sementara jelang Upacara HUT ke-79 RI

Kompas.tv - 17 Agustus 2024, 07:51 WIB
pembangunan-ikn-dihentikan-sementara-jelang-upacara-hut-ke-79-ri
Proyek IKN dihentikan menjelang peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-79 RI, dipantau dari Sumbu Kebangsaan, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Sabtu, 17 Agustus 2024. (Sumber: ANTARA/Putu Indah Savitri)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktivitas pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN) dihentikan sementara menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia. Berdasarkan laporan Antara, Sabtu (17/8/2024), tidak terlihat adanya kegiatan konstruksi di area tersebut.

Pengamatan di lapangan menunjukkan gedung-gedung yang masih dalam tahap pembangunan, termasuk gedung kementerian koordinator 1 hingga 4, telah ditutup dengan jaring-jaring berwarna hijau. Alat berat seperti tower crane juga tampak tidak beroperasi, mengindikasikan penghentian total aktivitas konstruksi.

Untuk pertama kalinya, duplikat bendera merah putih akan berkibar di wilayah ibu kota baru Indonesia. Upacara pengibaran bendera akan menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-79 RI.

Baca Juga: Buat Karya Batik Raksasa, Pembatik Asal Kulonprogo Beri Hadiah untuk Perayaan HUT Ke-79 RI di IKN!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan calon presiden terpilih pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto, dijadwalkan akan menghadiri upacara bendera yang akan diselenggarakan di Istana Negara IKN. 

Persiapan menuju momen bersejarah ini telah dimulai sejak Jumat (16/8). Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan.

Setelah itu, rombongan kepresidenan melanjutkan perjalanan menuju IKN yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Rangkaian acara peringatan HUT RI di IKN dimulai pada Sabtu dini hari. Jokowi memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa, IKN.

Presiden tiba di lokasi pada pukul 23.58 WITA, dan upacara dimulai tepat pada pukul 00.00 WITA, menandai dimulainya peringatan HUT ke-79 RI di ibu kota baru.

Baca Juga: Jelang Perayaan HUT Ke-79 RI di IKN, Penginapan Sekitar Lokasi Diserbu Habis Pengunjung!


 




Sumber : Kompas TV, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x