Kompas TV nasional politik

Puan: Kekuasaan Dijalankan untuk Kebaikan yang Lebih Besar, Bukan Membesarkan Diri Sendiri

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 14:44 WIB
puan-kekuasaan-dijalankan-untuk-kebaikan-yang-lebih-besar-bukan-membesarkan-diri-sendiri
Ketua DPR RI Puan Maharani berpidato dalam Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8/2024). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengutip pernyataan Presiden ke-1 RI Soekarno yang diucapkan dalam pidatonya pada 1 Juni 1945. 

Ia menyebut, Sang Proklamator dahulu telah mengingatkan bahwa Indonesia didirikan bukan hanya untuk menguntungkan satu orang atau golongan, melainkan harus bisa memberikan kesejahteraan kepada seluruh rakyat. 

Hal itu ia katakan dalam pidato kenegaraan saat membuka agenda Sidang Tahunan DPR dan DPD Tahun 2024, Jumat (16/8/2024). 

Baca Juga: Puan Bicara Pemilu Berkualitas: Apakah Rakyat Dapat Memilih Tanpa Rasa Takut dan Paksaan?

"Negara Indonesia bukan satu negara untuk satu orang, bukan satu negara untuk satu golongan; tetapi kita mendirikan negara semua buat semua, satu buat semua, semua buat satu. All for one; One for All," kata Puan dalam Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Menurut dia, karakter seorang negarawan itu akan memikirkan masa depan negara, yang harus lebih baik; sedangkan Politisi, akan memikirkan masa depan hasil pemilu, yang harus lebih baik. 

"Visi tanpa kekuasaan menjadi sia-sia, kekuasaan tanpa visi menjadi sewenang-wenang," kata mantan Menko PMK tersebut.

Sebab itu, lanjut Puan, untuk menjalankan praktek politik kekuasaan, dalam sistem pemerintahan presidensial, dengan keseimbangan cabang-cabang kekuasaan, maka Indonesia membutuhkan negarawan yang politisi dan politisi yang negarawan.

"Sehingga kekuasaan negara dijalankan untuk kebaikan yang lebih besar, bukannya untuk membesarkan diri sendiri, kelompok, maupun kepentingan tertentu," ujarnya. 

Baca Juga: Puan Bicara Pemilu 2024: Yang Berhasil Semua Indah Dikenang, yang Belum Berhasil Sulit Makan

"Mewujudkan demokrasi yang sejati, bukanlah jalan yang mudah, karena itu jalan yang sulit dilalui. Mungkin saja kita terhenti sejenak, tetapi kita tidak boleh mundur, karena tujuan kita mulia, tujuan sejak negara ini didirikan yaitu Indonesia untuk semua, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," imbuhnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x