Kompas TV nasional peristiwa

Ada Sidang Tahunan MPR, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Kompleks Parlemen Senayan Hari Ini

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 07:57 WIB
ada-sidang-tahunan-mpr-ini-rekayasa-lalu-lintas-di-sekitar-kompleks-parlemen-senayan-hari-ini
Pemandangan Kompleks Gedung DPR/MPR/DPD, di Senayan, Jakarta. (Sumber: KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar kompleks parlemen Jakarta saat berlangsungnya Sidang Tahunan MPR RI pada Jumat (16/8/2024).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menegaskan rekayasa lalin akan diterapkan secara situasional, menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Untuk rekayasa lalu lintas, kita berlakukan situasional untuk memastikan arus lalu lintas lancar," ungkap Latif, Kamis (15/8/2024), dikutip dari Kompas.com.

Dalam upaya mengamankan dan mengatur arus lalu lintas selama acara berlangsung, Polda Metro Jaya mengerahkan ratusan anggota polisi lalu lintas (polantas).

Berikut beberapa perubahan arus lalu lintas yang akan diterapkan.

Arus dari arah lampu lalu lintas Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto akan diminta putar balik di kolong sekat dua atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi.

  1. Arus dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di Pulau Dua diarahkan lurus menuju Tol Tomang.
  2. Arus dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR RI diarahkan lurus ke Jalan Tentara Pelajar atau Jalan Permata Hijau.
  3. Arus dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika.
  4. Arus dari Jalan Asia Afrika menuju TL Lapangan Tembak dibelokkan ke kanan ke Jalan pintu satu Senayan atau diminta putar balik di TL Asia Afrika.
  5. Arus dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat dua atau Ladokgi ke Jalan Gerbang Pemuda.
  6. Arus dari arah Slipi yang menuju Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.

Baca Juga: Jokowi Pidato Hari Ini, Sidang Tahunan MPR 2024 Bakal Dihadiri 2.022 Undangan

Sidang Tahunan MPR RI digelar untuk memberikan kesempatan bagi lembaga negara menyampaikan laporan kinerjanya kepada rakyat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan dua pidato di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Dua Pidato Terakhir Jokowi

Presiden Jokowi akan berpidato dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 pada pukul 09.00 WIB.

Sidang akan dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan dilanjutkan dengan pidato pengantar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Presiden akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.

Kemudian pada pukul 13.00 WIB, Presiden akan berpidato dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2024-2025.

Baca Juga: Sebentar Lagi Lengser Keprabon, Presiden Jokowi Minta Maaf kepada Rakyat Indonesia

Pidato ini akan membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025, beserta Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya.

Sebelumnya, Bambang menyatakan pihaknya telah siap menyelenggarakan Sidang Tahunan MPR RI 2024 yang juga menjadi Sidang Tahunan terakhir bagi MPR periode 2019-2024.

Sidang ini akan dihadiri oleh sekitar 2.022 undangan, terdiri dari 1.222 undangan di dalam Gedung Nusantara dan 800 tamu di plaza Gedung Nusantara IV.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x