Kompas TV nasional politik

Politisi Golkar Benarkan Ada Lobi-Lobi di Balik Terpilihnya Agus Gumiwang sebagai Plt Ketua Umum

Kompas.tv - 14 Agustus 2024, 10:15 WIB
politisi-golkar-benarkan-ada-lobi-lobi-di-balik-terpilihnya-agus-gumiwang-sebagai-plt-ketua-umum
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) berfoto bersama para wakil ketua umum Golkar dalam rapat pleno pengurus DPP Partai Golkar di Jakarta, Selasa (13/8/2024). (Sumber: Kompas)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono membenarkan ada lobi-lobi di balik pemilihan kilat Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Ya kalau lobi-lobi politik itu hal yang lumrah lah, apalagi di dalam Golkar ya. Kita kan partai yang dinamika, terbuka secara demokratis, jadi pasti ada pembicaraan-pembicaraan dan juga untuk mencapai kesepakatan. Apalagi kan kita memilih Plt itu dari antara waketum. Jadi pasti ada kesepakatan bersama,” ucap Dave dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV dengan tema ‘Golkar Segera Munas, Nama Bahlil Menguat’, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga: Agus Gumiwang soal Peluang Bahlil Jadi Calon Ketum Golkar: Insyaallah

“Lalu sebelum kita melaksanakan rapat pleno, kita sudah menyepakati ya secara mufakat bahwa yang terbaik untuk saat ini Golkar dipimpin oleh Pak Agus Gumiwang untuk melanjutkan kepemimpinan dari Pak Airlangga Hartarto,” tambahnya.

Kendati demikian, Dave memastikan lobi-lobi hanya terjadi di internal Partai Golkar tidak ada dari eksternal.

Oleh karena itu, dia menilai anggapan adanya lobi dari pihak eksternal terkait pemilihan Agus sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar sebagai spekulasi yang terlalu jauh.

“Saya rasa itu spekulasi yang terlalu jauh ya, itu mungkin agak konspirasi teori, kenapa? Karena Pak Agus Gumiwang itu sama seperti Pak Airlangga Hartarto, Mas Dito (Dito Ariotedjo), Mas Jerry (Jerry Sambuaga) semua itu kader (Golkar) di dalam kabinet. Tapi semua itu kan sudah jauh sebelum masuk kabinet, itu jauh sebelum terbentuknya bahkan pemerintahan Presiden Jokowi, sudah ada di kader Golkar terlebih dahulu,” jelasnya.

Baca Juga: Agus Gumiwang: Saya Tidak Maju Jadi Calon Ketua Umum di Munas Partai Golkar Mendatang

“Mas Agus itu, pak menteri sudah ada di Golkar dari tahun 90-an. Jadi jauh sebelum itu sudah menjadi kader Golkar tulen dan dalam kondisi saat seperti ini yang terbaik itu Pak Agus Gumiwang,” tambah Dave.

Agus Gumiwang resmi terpilih menjadi Plt Ketua Umum Partai Golkar pada Selasa (13/8/2024). Ia menggantikan Airlangga Hartarto yang telah mengundurkan diri pada Minggu (11/8/2024).

"Rapat pleno sahkan Plt Ketua Umum adalah yang terhormat bapak Agus Gumiwang Kartasasmita," kata Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid usai rapat pleno di DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa malam (13/8/2024).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x