Kompas TV nasional peristiwa

Tiba di Kaltim, AHY akan Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN Besok

Kompas.tv - 11 Agustus 2024, 14:29 WIB
tiba-di-kaltim-ahy-akan-hadiri-sidang-kabinet-paripurna-perdana-di-ikn-besok
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan jajarannya tiba di Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (11/8/2024) pukul 11.15 WITA.

AHY mengatakan, kunjungannya ke Kalimantan Timur untuk melakukan serangkaian agenda kerja, salah satunya menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Istana Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8) besok.

Sidang kabinet tersebut akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

"Saya dan jajaran ATR/BPN akan berkegiatan tentunya secara khusus besok kita akan mengikuti sidang kabinet paripurna pertama yang dipimpin langsung oleh bapak presiden jokowi menghadirkan seluruh anggota kabinet pertama kalinya di IKN," kata AHY di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Minggu, dikutip dari Tribun Kaltim.

Baca Juga: Bendera Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi Tiba di IKN Jelang Upacara HUT Ke-79 RI

Dirinya menyatakan, sidang kabinet perdana ini juga akan menjadi momen yang bersejarah.

Karena dalam momen ini, kabinet Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin juga akan membahas soal pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT RI ke-79 tahun di IKN.

"Jadi tentu ini akan menjadi moment yang penting dan bersejarah tentunya kita berharap persiapan-persiapan menuju peringatan hari Kemerdekaan kita 17 Agustus nanti juga bisa berjalan dengan baik progresnya baik dan bisa diselenggarakan dengan sukses dan monumental," ujar dia.

Tak hanya melakukan agenda bersama Presiden Jokowi, AHY juga menyebut, di Kalimantan Timur ini akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

Adapun agenda groundbreaking itu rencana akan dilakukan di sekitaran IKN.

"Selain itu tentunya ada beberapa hal lain yang akan dilakukan termasuk ada sejumlah groundbreaking yang besok akan dilakukan di IKN," tandas dia.

Tangani Pembebasan Lahan di IKN

AHY menyebut rencana upacara Peringatan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, tidak terpengaruh dengan masalah pembebasan lahan yang masih tersisa.

Baca Juga: Persiapan Jelang Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN, Begini Situasinya

"Insya Allah ini akan terus kita tangani ya, kita juga terus ingin meyakinkan bahwa rencana gelaran Upacara 17 Agustus tahun ini, ini pertama kali dan bersejarah tetap bisa diselenggarakan dengan baik di sana," ujar AHY di Jakarta, Sabtu (10/8) dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, AHY mengatakan bahwa pembangun IKN merupakan kerja keras besar yang tidak hanya dilakukan oleh dua kementerian saja, tetapi melibatkan seluruh pihak.

Oleh karenanya, untuk menyelesaikan berbagai kendala diperlukan waktu dan proses yang tidak bisa dikerjakan dengan instan.

"Ingat ini adalah kerja besar, kerja bangsa bukan hanya satu dua kementerian. Tapi kita semua ingin bersemangat untuk bisa menyukseskan ini semua, tentunya perlu proses dan perlu waktu," katanya.

Sebelumnya, AHY mengatakan bahwa pembebasan lahan seluas 2.086 hektare di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, masih terus diupayakan untuk segera tuntas.


 




Sumber : Tribun Kaltim, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x