Kompas TV nasional politik

PAN soal Cawagub Pendamping Ridwan Kamil: Apa pun Keputusannya, Akan Diterima secara Kolektif

Kompas.tv - 10 Agustus 2024, 18:53 WIB
pan-soal-cawagub-pendamping-ridwan-kamil-apa-pun-keputusannya-akan-diterima-secara-kolektif
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi saat memberikan keterangan kepada wartawan di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan menerima secara kolektif kandidat calon wakil gubernur yang bakal mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyebut, keputusan nama pendamping Ridwan Kamil akan dibawa ke rapat antar-partai koalisi.

Ia tidak membenarkan maupun menyanggah bahwa calon tersebut berinisial "S", seperti yang diungkapkan oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto pada Jumat (9/8/2024) kemarin.

"Soal nama, nanti keputusan akan dibawa ke meja rapat antar partai koalisi. Apa pun keputusannya, secara mufakat bulat, tentu akan diterima secara kolektif," kata Viva kepada Kompas.com, Sabtu (10/8/2024).

Baca Juga: SMRC: Jika Ingin Ridwan Kamil - Kaesang Menang, Harus Lawan Orang Seperti Kotak Kosong | ROSI

Meski belum mau menjelaskan tentang nama bakal calon pendamping tersebut, ia mengisyaratkan bahwa komunikasi Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan partai di luar koalisi, seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Nasdem, berjalan baik.

"Komunikasi KIM dan PKS, Nasdem, dan PKB berjalan baik dan bersahabat," tuturnya.

Perbedaan pilihan politik pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lalu, kata dia, tidak menjauhkan komunikasi antarpartai politik.

Terlebih, pilpres sudah usai dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

"Segera akan diumumkan (siapa cawagub Ridwan Kamil)," tuturnya.




Sumber : kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x