Kompas TV nasional peristiwa

PKB Nyatakan Bersinergi dengan Gerindra di Pilkada Jakarta, Bagaimana Nasib Dukungan ke Anies?

Kompas.tv - 10 Agustus 2024, 07:52 WIB
pkb-nyatakan-bersinergi-dengan-gerindra-di-pilkada-jakarta-bagaimana-nasib-dukungan-ke-anies
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid di gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/7/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) beri sinyal tidak memberikan dukungan untuk Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024. Sebab, PKB telah menjalin kerja sama dengan Prabowo Subianto dan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Demikian Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid merespons hasil pertemuan Ketua Umum Muhaimin Iskandar dengan presiden terpilih periode 2024-2029 yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jumat (10/8/2024).

“Yang jelas, PKB bersinergi dengan Gerindra. Soal itu (bergabung -red) tanya KIM Plus saja. PKB bersama Gerindra. Sebab, KIM Plus itu enggak tahu saya (arti) plus-nya itu apa,” ucap Jazilul.

Baca Juga: PAN: KIM atau KIM Plus Putuskan Bersama Cagub dan Cawagub Pilkada Jakarta

Jazilul mengungkapkan, dalam pertemuan silahturahmi tersebut PKB mendapat banyak gambaran dari Prabowo sebagai presiden terpilih. Antara lain, soal tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintahannya nanti.

“Kami bersama dengan Partai Gerindra dan kebetulan (Ketua Umum) Partai Gerindra sekarang yang menjadi presiden. Kami juga mendapatkan banyak gambaran dan informasi dari Pak Prabowo selaku presiden terpilih terkait dengan tantangan-tantangan ke depan yang harus cepat diselesaikan,” kata Jazilul.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. 

"PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal yaitu untuk mencalonkan 2024-2029 Pilkada Gubernur DKI Jakarta," ujar Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas di Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Dalam dinamika politik, PKB tercatat pernah hampir bekerja sama dengan Partai Gerindra dan Prabowo pada Pilpres 2024.


Namun di tengah proses menghadapi pertarungan Pilpres, Muhaimin Iskandar membawa PKB mundur dari kerja sama dengan Partai Gerindra serta Prabowo dan memilih berkoalisi dengan Partai NasDem untuk dipasangkan sebagai calon wakil presiden bagi calon presiden Anies Baswedan.

Baca Juga: Silfester Respons Pernyataan Megawati: Pak Jokowi Tidak Pernah Wacanakan Tiga Periode, Juga Tak Mau

Hasilnya, perolehan Anies-Muhaimin atau pasangan AMIN kalah suara dari Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mendapatkan dukungan 58 persen rakyat Indonesia.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x