Kompas TV nasional peristiwa

Respons Anies soal Akan Berhadapan dengan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta: Sederhana Itu

Kompas.tv - 10 Agustus 2024, 07:23 WIB
respons-anies-soal-akan-berhadapan-dengan-ridwan-kamil-di-pilkada-jakarta-sederhana-itu
Anies Baswedan di KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggap sederhana jika harus berhadapan dengan Ridwan Kamil yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada pertarungan Pilkada Jakarta 2024.

“Yang namanya pilkada ya tentu akan ada kompetitor, jadi saya serahkan kepada warga Jakarta dan proses politik siapa yang ada di dalam proses kompetisi, ya itulah yang dijalani, sederhana itu,” ucap Anies Baswedan, Jumat (9/8/2024).

Dalam keterangannya, Anies juga merespons perihal pertemuan Presiden terpilih periode 2024-2029 yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pada Pilpres 2024 Anies dan Muhaimin adalah pasangan capres cawapres yang menjadi lawan Prabowo Subianto dan Gibran.

Baca Juga: PKS Akui Buka Komunikasi dengan Parpol Selain NasDem dan PKB untuk Pilkada Jakarta

“Silaturahmi itu baik-baik saja. Jadi ketika Gus Imin bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh bangsa, dengan pimpinan-pimpinan partai yang lain, itu adalah satu sikap bernegara yang matang, modern. Karena itu saya pandang itu sebagai silaturahmi yang baik-baik saja. Perihal tentang sikap, langkah, kita lihat saja keputusan resminya nanti,” ujar Anies.

Tidak hanya itu, Anies juga dikonfirmasi soal apakah pihaknya akan membangun komunikasi dengan PDIP pada Pilkada Jakarta. Mengingat, peta politik PIlkada Jakarta diprediksi membuatnya terancam gagal untuk maju kembali sebagai calon gubernur karena kursi PKS tidak cukup untuk mengusungnya.

“Komunikasi dengan semua ada. Dan selama ini pun juga ada. Termasuk PDIP ya Pak? Semuanya. Termasuk PDIP. Termasuk semuanya. Bisa dibilang semua partai,” kata Anies.

Baca Juga: PAN: KIM atau KIM Plus Putuskan Bersama Cagub dan Cawagub Pilkada Jakarta

“Jadi semua komunikasi berjalan. Dan ada yang sudah bisa mengumumkan awal, ada yang belum bisa mengumumkan di awal dan tiap-tiap partai punya prosedur, punya tantangan, kesempatan, situasi yang berbeda-beda,” ujar Anies.

“Saya menghormati proses yang ada di tiap-tiap partai dan saya mengajak kepada semua untuk juga menghormati dan memantau. Sehingga nanti ketika ada sikap resmi itulah rujukan kita.”




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x