Kompas TV nasional politik

Saiful Mujani soal Golkar Majukan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta: Kartel Politik yang Sangat Buruk

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 20:12 WIB
saiful-mujani-soal-golkar-majukan-ridwan-kamil-di-pilkada-jakarta-kartel-politik-yang-sangat-buruk
Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, dalam Program ROSI, Kompas TV, Kamis (8/8/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Prof Saiful Mujani, menilai ada kejanggalan secara politik jika Ridwan Kamil dimajukan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta.

Saiful menyampaikan hal itu dalam Program ROSI, Kompas TV, yang tayang Kamis (8/8/2024), menjawab pertanyaan mengenai Ridwan Kamil yang digadang-gadang maju di Pilkada Jakarta oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM), sementara hasil sejumlah lembaga survei menunjukkan potensi kemenangan di Jawa Barat lebih tinggi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Janji Cintai Jakarta Seisinya, Termasuk Persija Jika Terpilih Jadi Gubernur

Rosianna Silalahi, host Program ROSI, kemudian menanyakan, apakah menurut Saiful Partai Golkar selaku partai politik yang menanungi Ridwan Kamil sedang mengorbankan sesuatu.

“Saya melihat ada kejanggalan di situ kalau dilihat secara politik,” kata Saiful menjawab pertanyaan Rosi.

“Bagaimana pun bagi Golkar sebagai partai politik jumlah kursi itu yang utama, tujuannya adalah mengumpukan kursi sebanyak-banyaknya di DPR,” imbuhnya.

Menurutnya, jika berbicara kans kemenangan, Ridwan Kamil lebih strategis maju di Pilkada Jawa Barat daripada di Jakarta.

Oleh sebab itu, kata Saiful, yang paling logis adalah Golkar mengusung Ridwan kamil di Pilkada Jawa Barat.

“Yang paling logis adalah seperti suara-suara yang muncul di Golkar sebelumnya, Ridwan Kamil akan dijaga di Jawa Barat, tidak akan masuk ke Jakarta. Tapi belakangan kan kita tahu akan masuk ke Jakarta.”

Majunya Ridwan Kamil di Jakarta, menurut Saiful merupakan sebuah kemenangan besar bagi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di Jawa Barat. Sebab, kandidat pesaing Ridwan Kamil di Jabar adalah kader Gerindra, yakni Dedi Mulyadi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beberkan Isi Pertemuan Usai Kunjungi Rumah Ketum Golkar Airlangga

“Dengan sendirinya itu adalah sebuah kemenangan besar bagi Gerindra, karena pesaing kedua setelah Ridwan Kamil adalah kader Gerindra, Dedi Mulyadi, kemungkinan akan terpilih sebagai gubernur di Jawa Barat. Itu kemenangan bagi Gerindra, kekalahan bagi Golkar,” bebernya.

“Berikutnya, di DKI mengorbankan dan menciptakan suatu bentuk politik kartel yang sangat buruk,” tambahnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x