Kompas TV nasional rumah pemilu

Wasekjen PKS: Anies-Sohibul Iman Kemungkinan Gagal Jadi Bakal Cagub dan Cawagub di Pilkada Jakarta

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 09:31 WIB
wasekjen-pks-anies-sohibul-iman-kemungkinan-gagal-jadi-bakal-cagub-dan-cawagub-di-pilkada-jakarta
Pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera di Pilkada Jakarta 2024. (Sumber: Dokumentasi DPP PKS)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru menyebut, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman kemungkinan gagal maju di Pilkada Jakarta 2024.

Sebelumnya, PKS telah mendeklarasikan Anies-Sohibul Iman menjadi bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta. 

"Karena baru dapat SK (surat keputusan) usungan dari PKS, Anies dan Shohibul Imam (AMAN) kemungkinan gagal jadi (bakal) cagub/cawagub," kata Zainudin dalam keterangannya, Jumat (9/8/2024).

Baca Juga: PKS Akui Kaji Ulang "Deadline" Anies Cari Koalisi di Pilkada Jakarta

Ia menjelaskan, alasan keduanya terancam gagal maju dalam pesta demokrasi nanti karena pasangan AMAN tak kunjung mendapatkan dukungan dari partai politik lainnya. 

"Dengan telah lewatnya tenggat waktu 4 Agustus 2024 bagi Anies untuk mendapatkan partai koalisi agar menggenapkan 4 kursi PKS dari 22 kursi syarat dulungan 20 persen calon kepala daerah," katanya. 

Sebelumnya, Anies Baswedan tidak merasa terbentuknya Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sebagai upaya untuk menjegal dirinya di Pilkada Jakarta 2024. Menurut Anies, narasi penjegalan dirinya hanyalah sebuah spekulasi.

“Ya itu semua kan spekulasi-spekulasi kan,” ucap Anies Baswedan, Kamis (8/8/2024).

Sebab, kata Anies, hingga saat ini belum ada peta koalisi yang berubah terkait dengan Pilkada Jakarta.

“Kita lihat sekarang ini tidak ada yang berubah. Memang ada yang berubah? Belum ada yang berubah, sama. Tentu kalua bicara tentang komentar-komentar tapi keputusan partai kan masih sama semua dan saya percaya partai-partai ini akan mengikuti apa yang menjadi aspirasi pemiliknya,” ujar Anies.

Baca Juga: Lobi Politik di Pilkada Jakarta, Skenario Kotak Kosong Lawan Ridwan Kamil Singkirkan Anies Baswedan?

“Pemilunya belum 6 bulan dan kursi-kursi itu kan juga didapat dari aspirasi warga. Saya optimis aspirasi warga untuk Jakarta lebih modern lebih maju lebih setara.”




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x