Kompas TV nasional rumah pemilu

Jusuf Hamka Sebut Airlangga Instruksikan Dirinya Maju di Pilkada Jabar

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 07:42 WIB
jusuf-hamka-sebut-airlangga-instruksikan-dirinya-maju-di-pilkada-jabar
Politikus Partai Golkar, Jusuf Hamka alias Babah Alun usai blusukan di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2024). (Sumber: Siti Nurhaliza/Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus Partai Golkar Jusuf Hamka alias Babah Alun mengaku mendapatkan instruksi dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024. 

Babah Alun menyebut, dirinya diminta Airlangga untuk maju sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub) Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar. 

"Sudah, terinstruksikan (oleh Pak Airlangga) dengan lisan (kepada dirinya untuk maju di Pilkada Jabar)," kata Jusuf Hamka usai bertemu dengan Airlangga di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga: Pertemukan Ridwan Kamil dan Jusuf Hamka di Rumah Airlangga, Golkar Bahas Pilkada Jakarta?

Ia menjelaskan, alasan Airlangga mengintruksikan itu karena kini Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil akan diusung untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. 

"Sudah di Jakarta, kalau Kang Emil (Ridwan Kamil) enggak di Jakarta, saya yang di Jakarta. Tapi kalau sudah di Jakarta, saya on the way ke Jabar. Gitu kan gantian, gitu aja," ujarnya. 

Meski begitu, kata dia, terdapat nama lain yang dipertimbangkan Partai Golkar untuk menjadi bakal cawagub di Pilkada Jabar. Salah satu contohnya seperti istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya. 

"Ada tadi Ibu Atalia sendiri, istrinya Kang Emil, terus yang lain-lain saya kurang paham," katanya. 

Ia pun siap mendampingi Dedi Mulyadi bila nanti partai politik lainnya menyepakati. 

"Nantinya kalaupun saya menjadi wakil Kang Dedi (Mulyadi) atau apa, saya pastinya fokus untuk membuat jalan-jalan atau infrastruktur yang lebih baik lah," katanya.

Selama ini, kata dia, dirinya sudah banyak berkiprah dengan membantu pemerintah membangun infrastruktur jalan tol di beberapa wilayah Jabar. 

"Kalau saya mah ditugaskan di mana saja untuk menajajaki, insyaallah saya lihat dulu, saya beradaptasi. Kalau selama ini kan saya sudah membangun jalan di Jawa Barat nih ya. Jadi menurut saya, selama ini masyarakat Jabar juga melihat kiprah saya," katanya. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut KIM sudah sepakat bahwa bakal cawagub Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat berasal dari kader Partai Golkar. 

Baca Juga: Ahok Sebut Jusuf Hamka Tak Jadi Maju Pilgub Jakarta, Singgung Siapa Pasangan Ridwan Kamil

Namun, kata dia, hingga saat ini, Golkar belum menyerahkan nama yang akan diusung nanti. 

"Untuk Pilkada Jabar diserahkan ke Golkar, sudah disepakati oleh KIM," kata Dasco di gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/8/2024).


Dia mengatakan Partai Demokrat dan PAN tak masalah bakal cawagub Dedi berasal dari Partai Golkar.

"Oh, enggak (masalah), kita sudah bicara kok," kata Dasco.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x