Kompas TV nasional humaniora

Jelang Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Warga Penajam Paser Utara Mengeluh Belum Dapat Ganti Rugi Lahan

Kompas.tv - 8 Agustus 2024, 13:47 WIB
jelang-upacara-hut-ke-79-ri-di-ikn-warga-penajam-paser-utara-mengeluh-belum-dapat-ganti-rugi-lahan
Desain Kantor Presiden di IKN (Sumber: Dok. Kemenparekraf)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Beberapa persiapan pun telah dilakukan, mulai dari ngebut pembangunan di IKN dan menyiapkan bus untuk mengangkut tamu undangan.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) hingga pegawai di kementerian bergantian menginap untuk berbagai gladi bersih persiapan upacara.

Namun di balik hiruk pikuk persiapan upacara 17 Agustus 2024 di IKN, warga Kelurahan Pantai Lango, Panajam Paser Utara Sari (63), bukan nama sebenarnya, berharap pemerintah tak hanya fokus terhadap kegiatan seremonial. 

Baca Juga: Kelas Menengah di Indonesia Terpuruk, Fenomena “Chilean Paradox” Sudah Terjadi?

Dikutip dari liputan Kompas.id, Kamis (8/8/2024) dia meminta pemerintah menelisik persoalan lahan yang dihadapi warga akibat pembangunan IKN.

Sari mengaku belum mendapat ganti rugi tanam tumbuh puluhan pohon sawit miliknya. Namun, puluhan pohon sawit itu sudah dirobohkan alat berat sejak Februari 2024.

Harian Kompas sempat mendatangi kebun Sari pada Mei 2024. Sebagian kebun miliknya sudah berupa tanah yang dibuka. Terlihat jejak-jejak alat berat di tanah tersebut.

”Kita ndak menolak IKN. Cuma, tolong, jangan sampai hak kami tidak diberi. Belum diganti rugi tetapi sudah dirobohkan pohonnya. Bagaimana kita bisa punya bukti itu nanti kalau dihitung?” ujarnya.

Kompas menghubungi Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin dan Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik Troy Pantouw terkait keluhan warga.




Sumber : Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x