Kompas TV nasional humaniora

Contoh Naskah Pidato Amanat Pembina Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024

Kompas.tv - 7 Agustus 2024, 22:05 WIB
contoh-naskah-pidato-amanat-pembina-upacara-hut-ke-79-ri-pada-17-agustus-2024
Poster HUT RI 2024. Berikut ini contoh pidato amanat pembina upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI. (Sumber: freepik)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada bulan ini, Agustus 2024, masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) dengan berbagai kegiatan di seluruh penjuru negeri.

Menurut Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, tema peringatan HUT RI tahun ini adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju.” Tema ini dipilih sebagai cerminan dari situasi Indonesia yang sedang bersiap menyambut Ibu Kota Baru, Nusantara, serta bertepatan dengan periode transisi kepemimpinan.

Logo HUT RI ke-79 menampilkan angka 79 yang berbentuk melengkung dan panjang, terinspirasi oleh aliran Sungai Kapuas di Kalimantan.

Filosofi dari logo ini adalah menggambarkan kebutuhan Indonesia akan semangat baru yang besar, persatuan, dan kesetaraan untuk mencapai berbagai tujuan.

Sejumlah instansi pemerintah dan swasta menggelar berbagai acara untuk meramaikan peringatan HUT ke-79 RI.

Di tingkat desa, biasanya diadakan panggung atau perayaan bersama warga. Sekolah dan instansi pemerintah juga menggelar acara di halaman kantor atau sekolah masing-masing.

Berikut adalah beberapa referensi pidato sambutan atau amanat untuk Pembina Upacara dalam merayakan HUT RI tahun ini di berbagai instansi, termasuk sekolah, kantor, dan desa.

Contoh Amanat Pembina Upacara 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang memberikan kita kesempatan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-79 pada hari ini.

Sebagai Ketua Panitia Perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, saya ingin menyampaikan beberapa kata sambutan.

Terima kasih kepada semua anggota panitia yang telah bekerja keras menyukseskan perayaan ini.

Ketika kita merayakan kemerdekaan, kita juga mengingat perjuangan pahlawan yang berjuang dengan darah, keringat, dan air mata untuk kemerdekaan Indonesia.

Kita harus selalu menghargai dan mengenang jasa mereka serta menghormati cita-cita luhur mereka.

Mari kita rayakan kemerdekaan dengan semangat kebersamaan, tanpa memandang perbedaan suku, agama, dan budaya.

Kita harus mempertahankan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh pendahulu kita, seperti semangat gotong royong dan toleransi.

Akhir kata, selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Mari kita membangun Indonesia yang lebih baik, maju, dan sejahtera.

Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Kisah Bidan di Bone Bantu Pasien Bersalin di Tengah Hutan

Contoh Amanat Pembina Upacara 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, hadirin yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini, saya sebagai (...) ingin menyampaikan sepatah dua patah kata sambutan.

Peringatan hari kemerdekaan merupakan momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini adalah saat kita mengenang jasa pahlawan dan pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Sebagai bangsa yang berdaulat, kita harus menghargai dan mengenang jasa mereka serta mempertahankan nilai-nilai luhur yang telah diperjuangkan.




Sumber : Kompas TV, Tribun News




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x