Kompas TV nasional peristiwa

Anies dan Ahok Tertinggi di Jakarta, PDIP: Sayang Bila Ada Upaya Menjegal Kedua Tokoh Ini

Kompas.tv - 7 Agustus 2024, 11:11 WIB
anies-dan-ahok-tertinggi-di-jakarta-pdip-sayang-bila-ada-upaya-menjegal-kedua-tokoh-ini
Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Ridwan Kamil. Saat ini ada delapan nama yang berpeluang maju Pilkada DKI Jakarta 2024, termasuk Anies Baswedan, Ahok, dan Ridwan Kamil.  (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai munculnya nama Ridwan Kamil dengan dukungan kekuatan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus pada Pilkada Jakarta telah mengebiri hak rakyat Jakarta. Sebab dalam survey rakyat Jakarta mayoritas lebih menginginkan dipimpin oleh Anies Baswedan atau Basuki Tjahaja Purnama.

Demikian Juru Bicara PDIP Chico Hakim  dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV dengan Tema ‘Kans Ridwan Kamil Lawan Kotak Kosong di Pilkada Jakarta’, Rabu (7/8/2024).

“Kita bicara soal norma, kita bicara soal etika kita tidak hanya bicara soal aturan, aturan yang memperbolehkan melawan kotak kosong. Tapi kalau kita melihat fenomena ini, dari hasil survei tersebut sangatlah tidak bagus untuk demokrasi, ketika ada upaya untuk mencoba bagaimana caranya satu paslon melawan kotak kosong, sementara yang dimaksud bukanlah paslon yang sesungguhnya diinginkan mayoritas warga Jakarta itu loh,” kata Chico.

Baca Juga: ICW Desak KPK Tindaklanjuti soal Blok Medan: Ada Indikasi Itu Walkot Medan atau Istrinya

“Jadi untuk demokrasi ini nggak bagus ya, ini semacam mengebiri keinginan masyarakat, mengebiri hak-hak demokrasi masyarakat. Kenapa hanya dengan memajukan satu paslon yang kebetulan bukan yang diinginkan oleh mayoritas masyarakat. Nah ini yang menurut kami sebagai partai politik, PDIP Perjuangan akan berupaya sekuat tenaga untuk bisa ini tidak terjadi.”

Sebab, kata Chico, secara obyektif yang diinginkan Masyarakat Jakarta adalah Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama. Menurut Chico, kedua nama tersebut punya rekam jejak yang jelas dan cukup baik ketika memimpin Jakarta.

“Secara objektif, kami bisa menilai bahwa seorang Anies Baswedan maupun kader kami sendiri Basuki Tjahaja Purnama tentunya memang itulah kedua tokoh yang diinginkan masyarakat. Artinya, kenapa jelas diinginkan, karena mereka punya rekam jejak yang jelas, rekam jejak yang cukup baik ketika memimpin Daerah Khusus Ibukota Jakarta,” ucap Chico.

Baca Juga: Surat Ekshumasi Afif Maulana Sudah Terbit, Sufmi: Jangan Ada Pikiran Negatif Terhadap Polisi

Oleh karena itu, Chico mengatakan sangat disayangkan jika ada upaya untuk menjegal langkah Anies Baswedan atau Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada Jakarta.

“Jadi intinya, sangat disayangkan bila ada upaya-upaya untuk menjegal kedua tokoh ini atau salah satunya hanya untuk meloloskan satu kandidat yang sesungguhnya tadi saya sampaikan lagi, saya ulangi terus, bukan yang diinginkan oleh mayoritas rakyat Jakarta,” ujar Chico.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x