Kompas TV nasional peristiwa

Resmi dari BMKG, Berikut Kondisi Cuaca Indonesia saat Ini: Wilayah Selatan Kemarau

Kompas.tv - 6 Agustus 2024, 17:10 WIB
resmi-dari-bmkg-berikut-kondisi-cuaca-indonesia-saat-ini-wilayah-selatan-kemarau
Foto ilustrasi kemarau. Perahu milik nelayan terdampar di sekitar Sungai Jeneberang yang mengering di Desa Bili-Bili, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (30/10/2019). Pihak BMKG merilis prakiraan cuaca terutama masuknya musim kemarau di sejumlah wilayah Indonesia, Selasa (6/8/2024). (Sumber: KOMPAS.tv/Ant/ABRIAWAN ABHE)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis pembaruan terbaru mengenai kondisi cuaca di Indonesia.

Meskipun secara umum Indonesia sedang berada di musim kemarau, beberapa daerah masih melaporkan terjadinya hujan.

Berbagai fenomena cuaca mempengaruhi kondisi iklim yang terjadi antara 6 hingga 12 Agustus 2024. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Berdasarkan data resmi dari BMKG, kondisi cuaca terbaru di Indonesia, wilayah selatan termasuk Bali dan Nusa Tenggara, saat ini mengalami musim kemarau, yang ditandai dengan cuaca cerah hingga berawan.

Hal ini biasa terjadi pada bulan Agustus, karena wilayah selatan umumnya memasuki periode kemarau.

Di sisi lain, beberapa wilayah di Indonesia diprediksi akan mengalami hujan dalam beberapa hari ke depan, terutama di bagian utara dan tengah. 

Kondisi cuaca ini patut mendapat perhatian karena dapat memengaruhi berbagai aktivitas masyarakat di daerah-daerah tersebut. Fenomena cuaca yang berubah-ubah ini mengharuskan masyarakat untuk tetap waspada dan siap menghadapi kemungkinan hujan di tengah musim kemarau.

Pihak BMKG juga memprediksi bahwa La Nina akan terjadi di wilayah Indonesia pada bulan ini, Agustus 2024. 

Baca Juga: Menanam Padi di Musim Kemarau, Petani Manfaatkan Sumur Bor

Adapun La Nina adalah fenomena anomali iklim global yang terjadi ketika suhu permukaan laut di bagian tengah dan timur Samudra Pasifik tropis lebih dingin dari biasanya. 




Sumber : Kompas TV, BMKG, Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x