Kompas TV nasional peristiwa

Pakar Sebut Elit Gerindra Temui Rizieq Shihab untuk Pilkada Jakarta: Karena Punya Jejaring Massa

Kompas.tv - 6 Agustus 2024, 10:43 WIB
pakar-sebut-elit-gerindra-temui-rizieq-shihab-untuk-pilkada-jakarta-karena-punya-jejaring-massa
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman berfoto bersama di kediaman Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2024). (Sumber: Dok. Sufmi Dasco)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pakar Politik UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto sebut Partai Gerindra butuh dukungan bekas Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab untuk Pilkada Jakarta.

Demikian  Gun Gun Heryanto merespons pertemuan dua petinggi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Habiburokhman dengan Rizieq Shihab di program  Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Selasa (6/8/2024).

“Ya memang kan belum begitu eksplisit tapi upaya langkah cepat yang dilakukan Pak Dasco dan Habiburokhman, itu saya meyakini, meskipun secara verbal ya, menyatakan tidak ada urusan politik praktis, tetapi kita selalu membaca konteks, konteks itu kan penting untuk menginterpretasi,” kata Gun Gun.

“Saat ini agenda terdekat adalah Pilkada Jakarta, November, dan ini proses kandidasi di bulan ini dan kita tahu KIM (Koalisi Indonesia Maju)  sedang menginisiasi KIM plus dan proses ini tentu  berkelindan dengan tokoh-tokoh di luar partai yang punya jejaring massa.”

Baca Juga: Golkar Yakin Ridwan Kamil Menang Pilkada Jakarta: Sudah Melalui Perhitungan Matang

Selain itu, Gun Gun menilai pertemuan dengan Rizieq Shihab yang dilakukan oleh Sufmi Dasco Ahmad dan Habiburokhman dilakukan untuk kebutuhan membuat situasi pemerintahan Prabowo Subianto kondusif.

“Ini merupakan komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Gerindra dalam konteks ini Pak Dasco dan Habiburokhman, tentu tidak ada pergerakan aktor politik tanpa intensi. Intensinya menurut saya ada jangka panjang dan jangka pendek,” ucap Gun Gun.

“Jangka panjangnya ini tentu terkait pemerintahan baru Prabowo yang tentu butuh situasi kondusif dan jangkar-jangkar kekuatan yang ada di elit maupun yang ada di masyarakat itu sedang dikondisikan. Ini sebut saja prakondisi pemerintahan ke depan. Tetapi jangka pendeknya saya membaca berkelindan dengan konstestasi dalam waktu dekat, hubungannya tentu dengan Pilkada.”

Baca Juga: Airlangga Akan Bertemu Prabowo dan Pimpinan Parpol KIM, Matangkan Pencalonan Ridwan Kamil di Jakarta

Sebelumnya pada Minggu, 4 Agustus 2024, Sufmi Dasco Ahmad dan Habiburokhman bertemu dengan bekas Pimpinan FPI Rizieq Shihab. Pertemuan yang berlangsung di kediaman Rizieq Shihab Jalan Petamburan Jakarta Barat dibahas sejumlah hal.

Dalam kesempatan tersebut, Rizieq Shihab memberikan masukan terkait komposisi pemerintahan Prabowo-Gibran. Termasuk meminta pemerintahan Prabowo-Gibran membela rakyat Palestina dan menolak Tindakan Iisrael hingga penyelesaian seadil-adilnya untuk perkara KM 50 yang menimbulkan korban jiwa.


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x