Kompas TV nasional peristiwa

Airlangga Akan Bertemu Prabowo dan Pimpinan Parpol KIM, Matangkan Pencalonan Ridwan Kamil di Jakarta

Kompas.tv - 5 Agustus 2024, 09:36 WIB
airlangga-akan-bertemu-prabowo-dan-pimpinan-parpol-kim-matangkan-pencalonan-ridwan-kamil-di-jakarta
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjajal Citayam Fashion Week di Dukuh Atas, Jakarta Pusat. (Sumber: Dok. Humas Pemda Jabar)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disebut akan melakukan pertemuan dengan Presiden Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan pimpinan parpol Koalisi Indonesia Maju untuk mematangkan pencalonan Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Jakarta 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin (5/8/2024).

"KIta akan mencari waktu yang tepat ya, akan ada lagi pertemuan yang akan mematangkan antara ketua umum kami dengan Pak Prabowo dan mungkin dengan ketua umum-ketua umum partai politik yang lain," ucap Doli. 

Baca Juga: Mega Lapor Kapolri jika Hasto Ditangkap KPK, Ngabalin: Jokowi Sebut Korupsi Itu Extra Ordinary Crime

"Dan juga menunggu kemungkinan kita akan bekerja sama juga dengan partai politik yang lain di luar Koalisi Indonesia Maju, selama ini yang kita sebut Koalisi Indonesia Maju plus."

Doli lebih lanjut pun memastikan surat tugas dari Partai Golkar yang valid saat ini untuk Ridwan Kamil adalah penugasan di Pilkada Jakarta. Sebelumnya, Partai Golkar, memberikan dua surat tugas kepada Ridwan Kamil untuk maju pada Pilkada Jawa Barat dan Jakarta. 

"Jadi yang pasti kan kita sudah mengumumkan bahwa Golkar akan berikan dukungan kepada saudara Dedi Mulyadi di Jawa Barat. Nah itu berkonsekuensi bahwa Ridwan Kamil yang selama ini kita kasih surat tugas ada dua di Jawa Barat dan Jakarta, maka otomatis kan surat tugas itu yang valid sekarang cuman Jakarta," kata Doli.

Baca Juga: PAN Apresiasi Permintaan Maaf Jokowi: Ini Bentuk Kenegarawanan, Beliau Akui Kekurangan dan Kesalahan

Terkait Pilkada Jakarta, selain Ridwan Kamil, ada nama Anies Baswedan yang dideklarasikan lebih dulu sebagai bakal calon gubernur oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bahkan, PKS telah menggandengkan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai pasangan di Pilkada Jakarta. 


Menurut survei Litbang Kompas terkait Pilkada Jakarta, elektabilitas tertinggi untuk dipilih sebagai gubernur ditempati oleh Anies Baswedan dengan perolehan 39,7 persen. Di tempat kedua diraih oleh Basuki Tjahaja Purnama dengan elektabilitas 23,8 persen. Sedangkan Ridwan Kamil berada di posisi ketiga dengan angka 13,1 persen.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x