Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Sodorkan Heru Budi ke KIM untuk Diusung di Pilkada Jakarta karena Punya Rekam Jejak Baik

Kompas.tv - 4 Agustus 2024, 13:45 WIB
demokrat-sodorkan-heru-budi-ke-kim-untuk-diusung-di-pilkada-jakarta-karena-punya-rekam-jejak-baik
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menaiki LRT Jabodebek, Jumat (25/8/2023).  Nama Heru Budi disodorkan Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk berlaga di Pilkada Jakarta 2024. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Siti Nurhaliza)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Demokrat berkukuh mengusulkan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Bahkan, nama Heru Budi pun telah disodorkan ke partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya juga mengusulkan kader internalnya untuk dipilih menjadi bakal calon pendamping Heru.

Misalnya, seperti Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono (MJN), Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan, serta Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon.

Baca Juga: Anies vs Heru Budi : Berlaga di Pilkada Jakarta dan Kambing Hitam

“Komunikasi dengan KIM (Koalisi Indonesia Maju) terus intens dilakukan. Tentu dari Demokrat masih tetap menawarkan Pak Pj Heru untuk cagub, dan ada juga Pak MJN, Mas Ali, dan Bang Jansen untuk cawagubnya,” kata Taufik kepada wartawan, Sabtu (3/8), seperti dikutip dari Kompas.com. 

Taufik menjelaskan, alasan partainya mendorong Heru Budi lantaran yang bersangkutan memiliki rekam jejak yang baik selama menjadi seorang birokrat. 

“Nah, kami melihat Pak Pj Heru ini merupakan sosok yang kuat dan bisa memenangkan Pilkada Jakarta nanti. Dengan latar belakangnya sebagai birokrat, Pak Heru memiliki banyak prestasi dalam membenahi Jakarta,” ungkap dia.

Sementara itu, untuk wakil Heru, Taufik mengatakan, sosok MJN, yang juga merupakan Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, serta Ali Johan, bisa menjadi pasangan yang tepat untuk bacagub yang akan diusung KIM nantinya.

"Mas MJN itu Jawa tulen, tetapi dia sangat paham dan tahu solusi untuk permasalahan di Jakarta. Dia memahami masalah kewilayahan karena pernah menjabat sebagai Ketua Komisi A yang membawahi wali kota, bupati, hingga RT/RW,” tutur dia.

“Dia juga pernah di Komisi C yang menangani masalah anggaran dan keuangan. Apalagi, Mas MJN ini adalah mantan auditor,” imbuhnya.

Sebelumnya, Heru Budi diusulkan oleh DPD Partai Demokrat DKI Jakarta sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta.

“Betul, (Heru Budi) diusulkan sebagai bakal cagub karena memenuhi tujuh kriteria yang diinginkan Demokrat,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Jakarta Mujiyono saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/7).

Baca Juga: Ketum Demokrat AHY Serahkan 60 Surat Rekomendasi Calon Kepala Daerah


 

Selain menggagas nama Heru, DPD Demokrat Jakarta juga mengusulkan nama Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Jansen Sitindaon sebagai bakal calon wakil gubernur Jakarta.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x