Kompas TV nasional rumah pemilu

Muncul Isu Ridwan Kamil-Syaikhu di Pilkada Jakarta, Ahok: Kalau Terjadi Pak Anies di-PHP-in PKS

Kompas.tv - 4 Agustus 2024, 13:32 WIB
muncul-isu-ridwan-kamil-syaikhu-di-pilkada-jakarta-ahok-kalau-terjadi-pak-anies-di-php-in-pks
Infografik daftar Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari tahun ke tahun di acara Peluncuran Tahapan Pilkada DKI Jakarta 2024 di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (25/5/2024). (Sumber: KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDI-P Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terancam gagal maju di Pilkada Jakarta 2024.

Menurut dia, Anies seperti diberikan harapan palsu atau (PHP) oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang sebelumnya telah mendukung salah satu capres Pemilu 2024 itu untuk maju pada Pilkada Jakata. 

Ahok menjawab ihwal adanya isu kalau Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) akan berpasangan dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam pesta demokrasi nanti.

Baca Juga: Ahok Bantah Sering Komunikasi dengan Anies Baswedan: Ketemu Cuma 3 Kali

"Bisa saja terjadi (RK dan Syaikhu). Kalau itu terjadi berarti Pak Anies di-PHP-in PKS dong,” kata Ahok di Jakarta, Sabtu (3/8/2024). Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Ia mengakui kalau dirinya mendapatkan kabar terkait pengusaha sekaligus Politikus Partai Golkar Jusuf Hamka (Abah Alun) yang kemungkinan besar batal maju sebagai peserta di Pilkada Jakarta. Sehingga, peluang RK diusung oleh Partai Golkar amat besar. 

Selain dengan Syaikhu, lanjut Ahok, RK kemungkinan juga akan berpasangan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. 

"Kita tunggu saja (munculnya duet RK-Kaesang), ini menarik nih situasi kayak gini. Bilang enggak-enggak, terus muncul gitu kan, seru kan," ujarnya.

Ia menambahkan, dirinya belum mendapatkan informasi pasti soal adanya pertemuan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah untuk membicarakan koalisi di Pilkada Jakarta. 

"Aku enggak tahu yah (pertemuan Cak Imin dan Basarah) karena belum dilaporkan ke DPP," kata Ahok.

Politikus PDI Perjuangan atau PDI-P Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan, peluang RK maju Pilkada Jakarta 2024 muncul lagi, setelah partainya mengusung mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Hal ini dia sampaikan menanggapi ucapan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang memberi sinyal jika Ridwan Kamil bakal ke Jakarta setelah Golkar mengusung Dedi Mulyadi di Jabar.

Baca Juga: Peluang Lawan Duet Ahok-Ida Fauziyah di Pilgub Jakarta, Begini Respons Santai Anies Baswedan

"Ya itu yang kita, Pak Dedi di sana (Jawa Barat) berarti OTW (on the way) RK (ke Jakarta) jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya, gimana setuju enggak?" kata Lodewijk ditemui di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2024) malam, seperti dikutip dari Kompas.com.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x