Kompas TV nasional peristiwa

Golkar: Permintaan Maaf Presiden Jokowi, Tanda Kebesaran Jiwa dan Hatinya

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 14:49 WIB
golkar-permintaan-maaf-presiden-jokowi-tanda-kebesaran-jiwa-dan-hatinya
Presiden Joko Widodo (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo dinilai telah menunjukkan kebesaran jiwa dengan meminta maaf kepada rakyat Indonesia terkait 10 tahun kepemimpinannya sebagai kepala negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurul Arifin, Jumat (2/8/2024).

"Kami tentu saja menyambut dengan baik permintaan maaf dari Bapak Presiden Jokowi. Ini menandakan kebesaran jiwanya, hatinya, sebagai seorang manusia tentu saja tidak luput dari ketidaksempurnaan," ucap Nurul.

Selain itu, Nurul juga menyatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Presiden Jokowi selama 10 tahun kepemimpinannya. 

Baca Juga: Jokowi Panggil Bahlil Lahadalia, Soal Reshuffle Menteri ESDM?

"10 tahu  memberikan perubahan begitu banyak, inovasi-inovasi beliau terutama pembangunan infrastruktur, pembangunan manusia, dan program-program yang inovatif, yang diberikan Jokowi," ujar Nurul. 

"Ini jadi catatan sejarah tersendiri karena dalam 10 tahun perjalanan banyak fasilitas-fasilitas yang tadinya tidak kita rasakan dan sepertinya sedikit impossible, tapi dalam kepemimpinan beliau pembangunan bisa bejalan masif dan merata, "katanya.

Nurul pu memberikan satu contoh inovasi yang dilakukan Presiden Jokowi yakni membangun Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Ini adalah bukti pemerataan ekonomi yang mungkin banyak yang ignore, tapi kami lihat ini adalah satu pemikiran progresfi yang akan buat Indonesia jadi negara maju dengan pemerataan ekonomi di berbagai daerah," kata Nurul.

Baca Juga: PAN Apresiasi Permintaan Maaf Jokowi: Ini Bentuk Kenegarawanan, Beliau Akui Kekurangan dan Kesalahan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh rakyat Indonesia. 

"Dengan segenap kesungguhan dan kerendahan hati izinkanlah saya dan Profesor Kyai Haji Ma'ruf Amin, ingin mohon maaf yang sedalam-dalamnya atas segala salah dan khilaf selama ini," ucap Presiden Jokowi dalam acara Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana Merdeka, Kamis (1/8/2024).

"Khususnya selama kami berdua amanah Presiden Republik Indonesia dan sebagai wakil presiden Republik Indonesia," tambahnya.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi juga menyadari jika kepemimpinan yang dijalankannya bersama Ma'ruf Amin selama ini tidak dapat menyenangkan semua pihak. Menurutnya hal tersebut karena ketidaksempurnaannya sebagai manusia.

"Kami sangat menyadari bahwa sebagai manusia kami tidak mungkin dapat menyenangkan semua pihak, kami juga tidak mungkin dapat memenuhi harapan semua pihak," ucap Jokowi.

"Saya tidak sempurna, saya manusia biasa, kesempurnaan itu hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujar Jokowi.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x