Kompas TV nasional hukum

Penjelasan Susno Duadji, Kenapa Tewasnya Vina dan Eky di Cirebon karena Kecelakaan bukan Pembunuhan

Kompas.tv - 1 Agustus 2024, 11:40 WIB
penjelasan-susno-duadji-kenapa-tewasnya-vina-dan-eky-di-cirebon-karena-kecelakaan-bukan-pembunuhan
Mantan Kepala Badan Reserse & Kriminal (Bareskrim) Polri, Komjen. Pol. (Purn.) Susno Duadji saat melakukan wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra, Senin (8/7/2024) (Sumber:  TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Periode 2008-2009 Komjen Purn. Susno Duadji meyakini tewasnya Vina dan Eky Cirebon dikarenakan kecelakaan. 

Hal tersebut disampaikan Susno Duadji dalam dialog Sapa Indonesia Pagi KompasTV, Kamis (1/8/2024).

"Peristiwa yang terjadi di flyover Cirebon ditangani oleh yang punya wilayah, yurisdiksi siapa itu, yurisdiksi Polres Cirebon yang dikenal masyarakat setempat Polres Sumber, di wilayahnya adalah kabupaten dia punya kepolisian sendiri, punya kejaksaan sendiri, punya pengadilan sendiri, begitu peristiwa terjadi mereka sudah olah TKP, mengumpulkan alat bukti termasuk meminta visum dan sebagainya, kemudian mereka menyimpulkan kecelakaan lalu-lintas tunggal," ucap Susno.

"Jenazah yang tadinya satunya hidup, satu meninggal sampai ke rumah sakit beberapa saat dua-duanya meninggal, diserahkan pada keluarga dan keluarga memakamkan."

Baca Juga: Iptu Rudiana Punya Bukti Tidak Siksa Para Pelaku Pembunuh Vina-Eky: Kami Keluarkan dalam Pelaporan

Selain itu, Susno menuturkan Polres Cirebon atau Polres Sumber tidak pernah melimpahkan kasus tersebut. Termasuk, lanjut dia, Polda Jawa Barat tidak pernah menarik perkara tewasnya Vina-Eky dari Polres Cirebon.

"Sampai sekarang proses penyidikan oleh Polres Sumber atau Cirebon Kabupaten tidak pernah dilimpahkan kepada satuan Polisi manapun, tidak ditarik ke Polda mereka sudah selesai," jelasnya.

"Oleh karena itu saya tetap berpegang kepada apa yang telah diputuskan oleh Polres Sumber dan juga diperkuat oleh pengamatan saya terhadap apa yang terangkat ke permukaan karena saya tidak berada di TKP."

Susno kemudian dikonfirmasi Jurnalis KompasTV Adisty Larasati kenapa tewasnya Vina dan Eky Cirebon kemudian berubah menjadi kasus pembunuhan jika memang kecelakaan tunggal.

Baca Juga: Iptu Rudiana Emosi Disebut Intervensi Kasus Tewasnya Vina-Eky, Mardiman: Beliau Katakan Dede Bohong

"Oke, saya dalam persidangan kemarin saya bantah, saya katakan tidak berubah ya, Polres Cirebon Kabupaten tetap menyimpulkan dan mengatakan pemeriksaan penyidikan sudah selesai. Jadi kenapa tidak berubah, karena apa yang dilakukan oleh Polres Cirebon tidak diambil over oleh satuan polisi atau Polri manapun juga baik Polda maupun Polres Kota Cirebon," jawab Susno.

"Tidak berubah, nah sekarang timbul pertanyaan kenapa ada peristiwa pembunuhan yang membuat peristiwa pembunuhan itu adalah Polres Cirebon Kota, maka saya pertanyakan di mana TKP-nya, kemudian apa alat buktinya. Nah karena TKP-nya tidak jelas, alat buktinya tidak jelas, inilah yang menjadi persoalan, jadi kalau kecelakaan lalu lintas sudah tuntas itu." tandas dia.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x