Kompas TV nasional peristiwa

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Masih Belum Dibuka, Apa Alasannya?

Kompas.tv - 1 Agustus 2024, 08:51 WIB
pendaftaran-cpns-dan-pppk-2024-masih-belum-dibuka-apa-alasannya
Foto ilustrasi. Peserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil dengan sistem computer assisted test (CAT) di kantor Badan Kepegawaian Negera Regional VI Medan, Sumatera Utara, Senin (27/1/2020). Info terkini terkait instansi-instansi yang membuka lowongan CPNS 2024. (Sumber: KOMPAS/NIKSON SINAGA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk tahun 2024 tampaknya mengalami penundaan. Pendaftaran yang mulanya dijadwalkan akan dibuka pada Juli kemarin atau Agustus 2024. Namun hingga hari ini, Kamis 1 Agustus 2024 saat ini belum ada kepastian waktunya.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Mohammad Averrouce menjelaskan bahwa penundaan ini disebabkan oleh proses verifikasi dan validasi (verval) formasi yang masih berlangsung.

Beberapa kementerian dan lembaga juga belum mengusulkan jumlah formasi secara final.

"Contohnya, kementerian/lembaga pusat itu mendapatkan kuota fresh graduate sekitar 200.000 lebih. Tapi sampai akhir Juli, finalnya kementerian/lembaga yang mengusulkan belum sampai 200.000 formasi," ungkap Averrouce dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/7/2024).

Meskipun belum ada jadwal pasti, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas sebelumnya menyebutkan bahwa pendaftaran CPNS direncanakan dibuka pada Juli-Agustus 2024.

Averrouce menekankan bahwa pihaknya tidak ingin terburu-buru membuka pendaftaran untuk meminimalisir kesalahan, namun tetap berusaha mempercepat proses persiapan.

Baca Juga: Catat, Yogyakarta Gelar Program Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor Selama Agustus

Sementara itu, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Vino Dita Tama, menyatakan bahwa BKN masih menunggu keputusan resmi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) sebelum dapat merilis jadwal pelaksanaan CPNS 2024.

Terkait kuota, pemerintah telah mengumumkan rencana pembukaan lowongan CASN sebanyak 1.289.824 formasi, yang terdiri dari CPNS dan PPPK. Rinciannya adalah 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi untuk instansi daerah.

Total kebutuhan ASN mencapai 2,3 juta formasi, termasuk formasi khusus untuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

Averrouce menambahkan bahwa Menteri PANRB telah memberikan persetujuan prinsip formasi ASN Tahun 2024 kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah. Meskipun demikian, angka ini masih dapat berubah seiring dengan optimalisasi kebutuhan ASN secara nasional.

Bagi calon pelamar yang ingin mengetahui rincian formasi CPNS dan PPPK, informasi akan tersedia melalui portal ASN Karier di sscasn.bkn.go.id.

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat ini informasi yang tersedia masih merupakan data pengadaan tahun anggaran 2023. Rincian formasi terbaru akan diperbarui ketika pendaftaran CPNS 2024 resmi dibuka oleh pemerintah.

Baca Juga: Syarat Terbaru Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Link Downloadnya


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x