Kompas TV nasional hukum

Iptu Rudiana Bantah Suruh Dede Buat Kesaksian Palsu dalam Kasus Vina Cirebon

Kompas.tv - 30 Juli 2024, 22:59 WIB
iptu-rudiana-bantah-suruh-dede-buat-kesaksian-palsu-dalam-kasus-vina-cirebon
Ayah Eki, korban pembunuhan dan pemerkosaan bersama kekasihnya bernama Vina, Iptu Rudiana akhirnya muncul ke publik di wilayah Cirebon saat konferensi pers bersama tim Hotman 911 di salah satu keraton di Kota Cirebon, Selasa (30/7/2024).  (Sumber: Eki Yulianto/Tribun Jabar)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

CIREBON, KOMPAS.TV — Iptu Rudiana, ayah dari Muhammad Rizky Rudiana atau Eky, dengan tegas membantah pengakuan Dede Riswanto alias Dede (30) yang menyebut dirinya telah mengarahkannya untuk membuat kesaksian palsu terkait kasus Vina Cirebon.

Rudiana, yang juga menjabat sebagai Kapolsek Kapetakan, menyampaikan bantahannya saat menghadiri konferensi pers yang diadakan oleh Hotman Paris di Cirebon, Selasa (30/7/2024).

Rudiana menyatakan bahwa dirinya tidak pernah memerintahkan Dede maupun saksi Aep untuk memberikan kesaksian palsu dalam kasus yang menewaskan Vina dan Eky.

"Pelapor tidak ada rekayasa, pada saat kami menggali informasi dari terpidana itulah yang saya tuangkan di LP dan berita acara," ujar Rudiana dalam konferensi pers di Breaking News Kompas TV

Ia menegaskan bahwa dirinya tidak mengenal Aep maupun Dede, dan hanya bertemu satu kali dengan Dede pada 31 Agustus 2016, empat hari setelah kejadian nahas yang merenggut nyawa Vina dan Eky.

Menurut Rudiana, Dede memberikan informasi terkait peristiwa tersebut dalam pertemuan pada 31 Agustus 2016. 

"Dede itu tidak benar ya, saya ketemu Dede itu pun sekali pada tanggal 31, dan saya mendapat informasi terkait perbuatan itu dari Dede juga," katanya.

Iptu Rudiana menambahkan bahwa saat ini dirinya telah menyerahkan segala tudingan terhadapnya kepada tim kuasa hukum. 

Ia juga menegaskan bahwa tidak pernah memengaruhi penyidikan kasus Vina dan Eky yang terjadi pada tahun 2016 silam. 

"Prinsipnya saya tidak ikut campur dan saya tidak pernah mempengaruhi mereka kaitannya dengan penyidikan, penyidiklah yang nantinya bekerja," tegasnya.

Baca Juga: Liga Akbar Akui Tertekan saat Bersaksi 8 Tahun Lalu, Sebut Tidak Ada di TKP Kasus Vina Cirebon




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x