Kompas TV nasional peristiwa

Trem Otonom IKN Akan Diuji Coba 5 Agustus 2024

Kompas.tv - 29 Juli 2024, 15:00 WIB
trem-otonom-ikn-akan-diuji-coba-5-agustus-2024
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mulai diuji coba pada Senin, 5 Agustus 2024. Uji coba akan dilakukan di kawasan Sumbu Kebangsaan IKN. (Sumber: Dok. Kemenhub)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

NUSANTARA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan trem otonom atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mulai diuji coba pada Senin (5/8/2024) depan.

Uji coba akan dilakukan di kawasan Sumbu Kebangsaan IKN. 

Budi mengatakan sarana perkeretaapian atau rolling stock kereta ART saat ini sudah tersedia di Kota Balikpapan.

"Jadi saat itu akan ada dua transit, masing-masing tiga kereta akan berputar dari Sumbu Kebangsaan, Sumbu Barat, Sumbu Timur, keliling dengan headway 5 menit," kata Budi kepada media di Istana Garuda IKN, Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). 

Ia menjelaskan, pengadaan trem otonom dilakukan melalui skema kerja sama antara pemerintah dengan BUMN China, CRRC Zhuzhou Institute Co Ltd dan Norinco. Keduanya adalah perusahaan penyedia kereta ART tersebut. 

Baca Juga: Jembatan Pulang Balang Jadi Jembatan Cable-Stayed Terpanjang Kedua setelah Suramadu

Budi menyebut kedua perusahaan tersebut akan memberikan layanan gratis selama Agustus hingga Desember 2024.

"Kita memberikan jalan yang sudah dikonstruksi oleh Otorita IKN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan membuat marka-marka," ujarnya, seperti dikutip Antara

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menuturkan keinginan Presiden Jokowi untuk menjadikan trem otonom sebagai moda transportasi yang ada di IKN.

"Dari sejak pertama kali saya melapor Presiden, beliau sangat ingin untuk menjadikan ini sebagai moda transportasi yang ada di IKN," sebutnya. 

Baca Juga: Berkata Apa Adanya, Ini Pengakuan Jokowi saat Bermalam Pertama di Istana Negara IKN: Belum Nyenyak




Sumber : KOMPAS TV, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x