Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Prakirakan Mayoritas Kota Besar Cerah Berawan Hari Ini Sabtu 27 Juli 2024

Kompas.tv - 27 Juli 2024, 12:12 WIB
bmkg-prakirakan-mayoritas-kota-besar-cerah-berawan-hari-ini-sabtu-27-juli-2024
Ilustrasi Prakiraan cuaca BMKG berawan (Sumber: Kompas TV/Ant/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan ringan, sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Sabtu (27/7/2024).

Dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu, Prakirawan Cindy Inda Pratiwi menerangkan daerah konvergensi terpantau memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Selatan bagian Selatan, lalu dari Papua Tengah hingga ke Papua Barat, dari Samudra Hindia Selatan Pulau Timur hingga Laut Sau.

Oleh karena itu, pihaknya memprakirakan beberapa kota besar akan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, Banda Aceh, Mataram, Tanjung Selor, Jayapura.

Baca Juga: Peringatan Dini 27-28 Juli 2024, BMKG Prediksi 12 Wilayah Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin

Sementara itu, BMKG memprakirakan beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Medan, Pangkal Pinang, Denpasar, Mamuju, Kendari, Sorong, Nabire, Jayawijaya dan Nabire.

Beberapa kota besar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu, Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Makassar, Manado, Palu, Gorontalo, Ternate, Manokwari, dan Ambon.

Baca Juga: Gempa M 4,1 Guncang Kuningan, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Ciremai, Terasa di Cirebon hingga Banjar

Adapun untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0.5 hingga 2.5 m. BMKG juga memberikan imbauan waspada tinggi gelombang 2.5 hingga 4 m di Samudra Hindia Barat Bengkulu hingga Samudra Hindia Selatan Pulau Jawa.

Selain itu, pihaknya juga mewaspadai adanya potensi banjir rob di pesisir Sumatera Utara, pesisir Kepulauan Riau, pesisir Jawa Tengah, dan pesisir Kalimantan Timur.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x