Kompas TV nasional politik

PBNU Berencana Bentuk Tim 5, Muhaimin Sebut PKB Bukan untuk NU Pribadi

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 23:45 WIB
pbnu-berencana-bentuk-tim-5-muhaimin-sebut-pkb-bukan-untuk-nu-pribadi
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berbicara di Brastagi, Karo, Sumatera Utara, Jumat (26/7/2024). (Sumber: Dokumen Humas DPP PKB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan partainya didirikan bukan hanya untuk Nahdlatul Ulama (NU), tetapi untuk seluruh bangsa Indonesia.

"Jadi bukan untuk NU pribadi, tapi seluruh bangsa Indonesia, tapi untuk berkibarnya Merah Putih, bagi kejayaan Indonesia," kata Muhaimin, Jumat (26/7/2024), dikutip Kompas.com.

Cak Imin, sapaan Muhaimin, menyampaikan hal itu saat memberikan pembekalan kepada seluruh anggota legislatif PKB dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Riau dalam Sekolah Pemimpin Perubahan Wilayah 4 di Karo, Sumatera Utara, Jumat.

Baca Juga: PKB Cak Imin Dianggap Melenceng, PBNU Akan Bentuk Tim Lima

Dalam kegiatan itu, Cak Imin juga meminta anggota legislatif non muslim yang hadir untuk angkat tangan. Menurutnya, itu membuktikan PKB untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Karena itu, mari kita niatkan setiap kelelahan yang kita abdikan, setiap waktu yang akan kita habiskan semuanya benar-benar untuk kepentingan rakyat Indonesia,” lanjutnya.

“Dengan niat yang tulus karena merah putih, kita tidak terbang karena dipuja, tidak tumbang karena dihina," tambahnya.

Di hari yang sama, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf menyebut pihaknya berencana membentuk tim lima atau panitia khusus (pansus) terkait PKB.

Menurutnya, pembentukan tim itu sebagai upaya PBNU untuk meluruskan sejarah sekaligus merebut PKB kembali ke pemilik sahnya yakni PBNU.

"PBNU sedang berdiskusi. Jika diperlukan, pembentukan tim lima akan segera dilakukan. Langkah ini setelah melihat pernyataan elite-elite PKB yang ahistoris. Ada tanda-tanda mereka akan membawa lari dari sejarah berdirinya PKB,” kata Gus Ipul dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Baca Juga: PBNU Terbitkan Surat Instruksi Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

Tim lima yang sedang digagas ini, kata dia, akan menyerupai tim yang dibentuk oleh PBNU pada awal masa reformasi untuk mendirikan PKB.

Gus Ipul menyebut tim akan segera diwujudkan setelah mendapatkkan persetujuan dari Rais Aam KH Miftachul Ahyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x