Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG Sepekan ke Depan, 20 Wilayah Diprediksi Hujan Lebat 26 Juli-1 Agustus 2024

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 07:44 WIB
peringatan-dini-bmkg-sepekan-ke-depan-20-wilayah-diprediksi-hujan-lebat-26-juli-1-agustus-2024
BMKG merilis peringatan dini cuaca hingga 1 Agustus 2024 (Sumber: bmkg.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi melanda beberapa wilayah Indonesia sepekan ke depan.

Menurut BMKG, 20 wilayah diprediksi masih diguyur hujan meskipun daerah lainnya memasuki puncak musim kemarau.

Melansir Instagram @infobmkg, analisis dan pantauan menunjukkan bahwa curah hujan dalam sepekan terakhir masih cukup minim.

Namun beberapa wilayah mengalami hujan dengan intensitas lebat yang terpantau pada tanggal 22 Juli 2024, yakni di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Hamzah Haz: Beliau Seorang Negarawan

Aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial terpantau aktif di diprakirakan aktif di Sulawesi (Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah), Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Selain itu, sirkulasi siklonik terpantau di utara Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Peningkatan kecepatan angin hingga mencapai >25 knot, terpantau di Laut Andaman, Samudera Hindia barat daya Banten, dan Laut Arafuru, yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, NTT, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Baca Juga: Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Hamzah Haz

Secara umum, kombinasi fenomena-fenomena cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi cuaca signifikan dalam periode 26 Juli - 1 Agustus 2024, berupa:

Potensi Hujan sedang lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara, NTT, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, Papua Selatan

Potensi angin kencang: Terdapat di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kaamaman Tengah, Sulewest Sesatars Maluku, Papua Selatan, Pupur Tenga dan Papua Barat.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x