Kompas TV nasional peristiwa

Kenapa Shin Tae-yong Diberi Golden Visa? Ini Penjelasan Menkumham

Kompas.tv - 25 Juli 2024, 22:25 WIB
kenapa-shin-tae-yong-diberi-golden-visa-ini-penjelasan-menkumham
Shin Tae-yong menjadi orang pertama yang mendapatkan golden visa dan diberikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (25/7/2024) pagi. (Sumber: X @setkabgoid)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly memberikan penjelasan mengenai alasan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), diberi Golden Visa.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu mendapatkan Golden Visa yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis (25/7/2024).

Terkait hal itu, Yasonna menjelaskan bahwa STY merupakan talenta global (global talent) yang telah berkontribusi bagi Indonesia.

"Kan global talent dia. Mempunyai talent yang kalau dia no question lah, kan sudah banyak berjasa (bagi sepak bola Indonesia). Dia termasuk global talent, STY," kata Yasonna di The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Yasonna juga menjelaskan mengenai kriteria penerima Golden Visa. Salah satu yang dilihat adalah kredibilitas individu dan rekam jejaknya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Jadi WNA Pertama yang Dapatkan 'Golden Visa' dari Presiden Jokowi

Jika individu tersebut memiliki perusahaan, maka pemerintah juga menelusuri rekam jejak usaha dan rencana investasinya.

"Jangan sembarangan ngasih dan di bisnis-bisnis yang tentunya tidak boleh melanggar hukum," ujarnya.

Shin Tae-yong menjadi orang pertama yang mendapatkan Golden Visa dan diberikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (25/7) pagi.

STY pun mengaku merasa bangga dengan dirinya setelah mendapatkan Golden Visa karena kerja keras yang dilakukannya selama empat setengah tahun membantu Timnas Indonesia mendapat pengakuan dari masyarakat dan Presiden secara langsung.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu pun merasa perlu lebih bekerja keras lagi untuk memajukan sepak bola Indonesia.

"Perlu bekerja keras lagi untuk sepak bola Indonesia. Memang sepak bola Indonesia saat ini masih di bawah secara ranking, tapi harus kerja keras lagi agar bisa memandang piala dunia yang akan datang," ucap STY.

Baca Juga: Media Internasional Ramai Beritakan Peluncuran Golden Visa Indonesia untuk Tarik Investor Asing


 




Sumber : Kompas.com, Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x