Kompas TV nasional peristiwa

28 Juli 2024, Presiden Jokowi Mulai Berkantor di IKN

Kompas.tv - 24 Juli 2024, 18:00 WIB
28-juli-2024-presiden-jokowi-mulai-berkantor-di-ikn
Dalam foto yang dirilis Istana Kepresidenan RI ini, Presiden RI Joko Widodo tengah meninjau lokasi pembangunan Istana Kepresidenan di ibu kota baru Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber: Vico/Indonesian President Palace via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 28 Juli 2024.

Pada tanggal tersebut, Presiden Jokowi juga direncanakan meresmikan tol dan meninjau progres pembangunan IKN.

"Rencana tanggal 28 beliau akan meresmikan tol dan meninjau (IKN). Kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan bapak presiden untuk berkantor di IKN," ujar Heru saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (24/7/2024).

Selain meresmikan tol, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan menginap selama 1 hingga 2 hari di IKN. 

"Ya ada beberapa tahap, mungkin beliau satu dua hari menjelang tanggal 28. Kami akan berkonsentrasi di sana untuk mempersiapakan semua sarana prasarana dalam penyelenggaraan 17 Agustus. Jadi nanti setelah tanggal 28 jadi mungkin beliau ada beberapa kali lagi ke IKN sebelum menjelang 17 Agustus. Kan masih ada kegiatan kunker dan lain-lain," jelasnya.

Ketika ditanya mengenai rencana sidang kabinet di IKN, Heru belum bisa mengonfirmasi dan meminta hal tersebut ditanyakan kepada Sekretaris Kabinet.

Baca Juga: KSP Dorong Keppres Pemindahan Ibu Kota Segera Dirampungkan, Prabowo-Gibran akan Dilantik di IKN?

Meski begitu, dalam rangka memastikan seluruh pekerjaan Presiden berjalan lancar, Sekretariat Presiden sudah mulai mengisi kantor Presiden dengan berbagai furnitur. 

"Sedang berjalan, kantor presiden kita persiapkan kursi-kursi yang dibutuhkan. Saya selaku Kasetpres bersama rekan-rekan pejabat Setpres mulai hari ini terus tanggal 25 mengisi terus kebutuhan furnitur yang memang harus disiapkan untuk bapak presiden," ujarnya.

"Ada meja furnitur, lampu, kursi, isi kantor," tambah Budi 

Selain peresmian tol pada 28 Juli, Presiden Jokowi juga akan menghadiri zikir kebangsaan pada awal bulan depan.

Heru menambahkan, Presiden akan berada di IKN beberapa kali sebelum peringatan 17 Agustus. 

"Rencananya di tanggal 31, Pak Mensesneg, Pak Menteri PUPR dan menteri terkait termasuk kami akan konferensi pers. Tanggal 1 ada zikir, 15 Agustus ada pemberian tanda kehormatan. Nanti detilnya tanggal 31," tutur Heru.

Sebelumnya, dilansir dari Antara, Presiden Jokowi sempat mengatakan bahwa dirinya siap berkantor di IKN, Kalimantan Timur, jika sudah ada sinyal lampu hijau atau tanda kesiapan.

"Begitu ada lampu hijau siap, saya akan berkantor di IKN," kata Jokowi usai menyaksikan laga pembuka Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024).

Baca Juga: Canggih! Layanan Taksi Terbang di IKN akan Diuji Coba Akhir Juli Ini




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x