Kompas TV nasional peristiwa

Meninggal Hari Ini, Berikut Profil Wapres ke-9 RI Hamzah Haz

Kompas.tv - 24 Juli 2024, 11:12 WIB
meninggal-hari-ini-berikut-profil-wapres-ke-9-ri-hamzah-haz
Wakil Presiden (Wapres) ke-9 RI Hamzah Haz. (Sumber: ppp.or.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Kabar duka menyelimuti keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) setelah salah satu kader terbaiknya yang pernah menjadi Wakil Presiden (Wapres) ke-9 RI Hamzah Haz meninggal dunia. Hamzah Haz mengembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto pada hari ini, Rabu (24/7/2024). 

Politikus PPP Syaifullah Tamliha mengkonfirmasi kebenaran kabar meninggalnya Hamzah Haz tersebut. 

"Ya. Di RSAPD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Saat ini sedang dibawa ke rumah duka, Jl. Tegalan, Mataraman, Jakarta Timur," kata dia.

Baca Juga: Wapres ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Dikutip dari laman ppp.or.id, berikut profil Hamzah Haz. Hamzah Haz adalah seorang pria kelahiran Ketapang, Kalimantan barat, 15 Februari 1940.

Politikus PPP ini memiliki 2 orang istri yang bernama Hj. Asmaniah dan Hj. Titin Kartini. Dari kedua istri tersebut, ia dikarunia 12 orang anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.

Saat remaja, ketertarikannya pada organisasi sudah terlihat bahkan saat masih di bangku SMP. Minat tersebut ia lanjutkan di setiap jenjang pendidikan yang ditempuh, terutama saat berada di bangku perkuliahan.

Ia dan Megawati Soekarnoputri terpilih sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden menggantikan Abdurrahman Wahid yang saat itu posisinya dicopot oleh MPR. Kedua pasangan tersebut menjabat antara tahun 2001 – 2004.

Sebelum menjadi Wakil Presiden, ia merupakan ketua Umum PPP yang merupakan hasil penggabungan dari empat partai Islam semasa Orde Baru, yaitu PSII, Parmusi, NU, dan PERTI.

Hamzah Haz ditunjuk sebagai Ketua Umum PPP pada periode 1998 – 2007 menggantikan Ismail Hasan Metareum. Jabatan tersebut adalah yang keempat setelah partai berdiri.

Di masa pasca reformasi, banyak kader PPP yang akhirnya keluar dan membangun partainya sendiri. Hal ini menjadi tantangan tersendiri baginya dalam membesarkan partai berlambang Ka’bah tersebut.


Sebut saja Abdurrahman Wahid dengan PKB dan Amien Rais dengan PAN. Kedua partai tersebut akhirnya menjadi lawan sepadan PPP yang menjadikan Islam sebagai asas atau pedoman dalam menjalankan parpol.

Baca Juga: Temui Hamzah Haz, Cak Imin Minta Nasihat Cara Jadi Capres

Pada tahun 2007, jabatan Ketua Umum partai PPP akhirnya digantikan oleh Suryadharma Ali. Sementara itu, ia sudah tidak lagi aktif baik di partai maupun di dunia politik Indonesia.

Pria asal Ketapang, Kalimantan Barat ini menjadi salah satu kader terbaik yang dimiliki oleh PPP sejauh ini.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x