Kompas TV nasional politik

Hasto Soal Pilkada Jateng: Masyarakat Tahu Itu Basis PDI-P Meski Ada yang Coba Ganggu

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 20:40 WIB
hasto-soal-pilkada-jateng-masyarakat-tahu-itu-basis-pdi-p-meski-ada-yang-coba-ganggu
Foto arsip. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto. Ia memastikan PDI-P siap berkontestasi dan mengusung kader di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024. (Sumber: KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) siap berkontestasi dan mengusung kader di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Kesiapan PDI-P tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024), menjawab pertanyaan wartawan tentang tanggapannya mengenai Gerindra yang mengusung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Hasto menyebut masyarakat tahu persis bahwa Jateng merupakan basis PDI-P meski saat ini ada yang ingin coba menganggu.

“Masyarakat tahu itu adalah basis PDI Perjuangan, meskipun ada yang mencoba, ini yang mau mencoba mengganggu mengambil," ujar Hasto, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: NasDem akan Dukung Kaesang Jika Maju di Pilkada Jawa Tengah, Ini Alasannya

Meski demikian, ia mengaku tidak mempermasalahkan hal itu dan menganggapnya bagian dari demokrasi. Pihaknya pun siap berkontestasi dengan siapa pun.

"Demokrasi itu membuka ruang kontestasi termasuk yang lain, yang akan datang ke Jawa Tengah, kami siap berkontestasi," jelasnya.

Terlebih, kata Hasto, saat ini partainya memiliki sejumlah kader potensial untuk diusung di Pilkada Jateng.

"Kami ada beberapa calon di Jawa Tengah, ada Pak Andika, selain di DKI itu juga diusulkan di Jawa Tengah, kemudian ada Pak Hendi (Hendrar Prihadi), ada Bung Jekek (Joko Sutopo) sebagai bupati Wonogiri, ya cukup banyak pemimpin-pemimpin dari daerah yang muncul di Jawa Tengah," bebernya.

Baca Juga: Pilkada Jakarta: PDIP Senang NasDem Usung Anies, Gerindra Ungkap KIM Siapkan Lawan

Dalam kesempatan itu, Hasto juga menjelaskan bahwa partainya belum ada niatan mengusung atau membangun kerja sama politik dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di beberapa daerah termasuk Jateng.

"Menurut Pak Adian (Ketua Tim Pemenangan Pilkada PDI-P Adian Napitupulu) belum ada," tegas Hasto Kristiyanto.


 




Sumber : kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x