Kompas TV nasional politik

Sohibul Iman Sebut 33 Persen Warga Jakarta Masih Kesulitan Akses Air Bersih

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 18:02 WIB
sohibul-iman-sebut-33-persen-warga-jakarta-masih-kesulitan-akses-air-bersih
Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Sohibul Iman. (Sumber: Dokumen Humas DPP PKS)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Sohibul Iman menyebut, sebanyak 33 persen warga Jakarta masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. 

Menurut dia, dengan APBD yang mencapi puluhan triliun setiap tahunnya, seharusnya masalah sanitasi sudah selesai dan tak menjadi persoalan bagi masyarakat. 

"Saya terenyuh saat melihat data soal air bersih di Jakarta, dengan status sebagai kota global, dengan APBD sebesar itu, akses terhadap air bersih baru sekitar 67 persen," kata Sohibul dalam keterangannya, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga: PKS Tetap Usung Sohibul Iman Jadi Bakal Cawagub Anies di Pilkada Jakarta

"Artinya masih ada 33 persen masyarakat belum ada akses kepada sumber air bersih. Itupun belum dipersempit lagi pada air minum mungkin angkanya lebih besar lagi," sambungnya. 

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai, pentingnya memperhatikan isu-isu semacam ini dalam kepemimpinan di DKI Jakarta.

"Kita harus memastikan bahwa isu-isu seperti ini tetap menjadi perhatian dalam kepemimpinan di DKI Jakarta, " ujarnya.

Sebelumnya, dilansir dari laman Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan, 80 persen air tanah di wilayah Cekungan Air Tanah (CAT) Jakarta tidak memenuhi standar Menteri Kesehatan tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Baca Juga: Politikus PDIP Sambut Baik Dukungan Nasdem ke Anies di Pilkada Jakarta

Jakarta bagian Utara merupakan wilayah terparah di mana secara umum CAT air tanah mengandung unsur besi dengan kadar yang tinggi akibat adanya pengaruh dari intrusi air asin.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x