Kompas TV nasional politik

Jawaban Gibran soal Susunan Kabinet: Sabar Ya!

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 17:18 WIB
jawaban-gibran-soal-susunan-kabinet-sabar-ya
Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kiri) dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara penetapan presiden dan wakil presiden terpilih di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu, 24 April 2024. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku masih menyusun dan berkomunikasi dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto terkait nama-nama yang akan masuk kabinet nanti. 

Selain dengan Prabowo, kata Gibran, dirinya juga menjalin komunikasi denga seluruh ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju atau KIM. 

"Kami terus berkomunikasi dengan Pak Presiden terpilih dan juga para ketua-ketua umum Koalisi Indonesia Maju," kata Gibran di Bogor, Selasa (23/7/2024). 

Baca Juga: Orang Prabowo Masuk Kabinet Jokowi, Begini Beda Pandangan Politikus Gerindra dan Pengamat

Gibran meminta kepada publik untuk menunggu karena nantinya pada waktu yang tepat akan diumumkan kepada publik. 

"Akan segera kita fixkan ya, ditunggu dulu, sabar ya," ujarnya. 

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda memprediksi, posisi menteri triumvirat di era Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak akan diberikan ke partai politik (parpol).

Adapun menteri triumvirat yakni Menteri Luar Negeri (Menlu), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Menteri Pertahanan (Menhan). Ketiganya secara bersama-sama akan bertugas menggantikan presiden dan wakil presiden tidak dapat melakukan kewajiban dalam masa jabatannya.

Baca Juga: Uji Coba Program Makan Siang Bergizi di SD Sentul, Gibran: Menu Rp14.900, Tidak Ada Potong Anggaran

“Triumvirat itu posisi mendagri, menhan, dan menlu. Jadi kalau berhalangan presiden wapres kan mereka akan memimpin bertiga. Dan ini saya kira ini akan strategis, jangan dikasih orang partai,” kata Hanta dalam siaran I NI LUH di YouTube Kompas TV, seperti diizinkan dikutip pada Rabu (1/5/2024).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x