Kompas TV nasional rumah pemilu

Politikus PDIP Sambut Baik Dukungan Nasdem ke Anies di Pilkada Jakarta

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 15:08 WIB
politikus-pdip-sambut-baik-dukungan-nasdem-ke-anies-di-pilkada-jakarta
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu ketika ditemui di Warung Komando, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (19/1/2020). (Sumber: (KOMPAS.com/Devina Halim))
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengatakan, pihaknya menyambut baik keputusan Nasdem untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. Hal ini menandakan partai politik itu serius menyambut gelaran pesta demokrasi yang digelar pada 27 November mendatang. 

Hal itu disampaikan oleh Adian menanggapi pertanyaan awak media mengenai Partai Nasdem yang secara resmi mendukung Anies maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta.

"Bagus, bagus. Begini, ketika ada partai yang mendukung salah satu calon, mau PKS, NasDem, Gerindra dan sebagainya, mereka kan sedang menjalankan amanat konstitusi sebagai parpol toh. Dan kita senang dong," kata Adian kepada wartawan di Bogor, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga: PKS Tetap Usung Sohibul Iman Jadi Bakal Cawagub Anies di Pilkada Jakarta

Menurutnya, semua tokoh bangsa termasuk Anies yang menyatakan siap maju dalam kontestasi Pilkada, harus disambut baik. Sebab, Indonesia tak kekurangan anak bangsa untuk jadi pemimpin.

"Ada Pak Anies maju, kita gembira, semua tokoh-tokoh bangsa yang maju dalam Pilkada di kabupaten, kota, gubernur harus kita sambut dengan riang gembira dari partai manapun. Itu artinya bahwa bangsa ini tidak kekurangan orang baik, tidak kekurangan tokoh-tokohnya," ujarnya.

Adian menyebut, pihaknya belum bisa memutuskan ihwal sikap politik PDIP di Pilkada Jakarta. 

"Kita tidak akan terpengaruh sama pernyataan KIM (Koalisi Indonesia Maju), kita tidak akan terpengaruh sama pernyataan siapa-siapa, (karena) kita akan bisa berpengaruh ketika rakyat memintanya. Permintaan KIM tak akan berpengaruh sama kita, tapi kalau permintaan rakyat, pasti kita ikuti," katanya. 

Sebelumnya, Partai Nasdem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta 2024.

Keputusan itu diambil setelah Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumpulkan unsur pimpinan DPP pada Senin (22/7/2024). 

Baca Juga: Pernyataan Anies Baswedan Usai Resmi Diusung Nasdem Maju Pilkada Jakarta 2024

"Kami telah menyepakati dan menetapkan bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai (bakal) calon gubernur Jakarta dari Partai Nasdem," kata Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim di DPP Partai Nasdem, Senin.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x