Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Jokowi di Hari Anak Nasional ke-40, Tekankan Pentingnya Anak-anak sebagai Pemimpin Masa Depan

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 11:08 WIB
pesan-jokowi-di-hari-anak-nasional-ke-40-tekankan-pentingnya-anak-anak-sebagai-pemimpin-masa-depan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi dalam rangka Hari Anak Nasional 2024 di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 yang diselenggarakan di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024).

Sebelum memasuki ruang utama Istora Papua Bangkit, Jokowi meluangkan waktu untuk menyapa anak-anak yang hadir. Dalam pidatonya, Jokowi menekankan pentingnya mempersiapkan anak-anak sebagai pemimpin masa depan Indonesia.

"Anak-anak betul-betul disiapkan, tidak hanya pintar, pandai, tetapi juga berwawasan dan berkarakter," ujar Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Presiden juga menegaskan bahwa persiapan anak-anak harus mencakup aspek yang lebih luas dari sekadar kecerdasan akademis.

Baca Juga: Ribuan Anak di Papua Siap Tampailkan Seni Budaya di Hadapan Presiden Jokowi

"Saya kira anak-anak ke depan harus disiapkan, tidak hanya pintar, tetapi juga berkarakter," tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun, menyampaikan bahwa Hari Anak Nasional adalah kesempatan penting yang mengingatkan semua pihak, khususnya pemerintah daerah, akan tanggung jawab mereka dalam melindungi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam memberikan perlindungan terhadap anak-anak, terutama hak dan kesejahteraan anak," kata Ridwan.

Ia juga menegaskan pentingnya memberikan perhatian khusus terhadap masalah-masalah seperti kekerasan dan eksploitasi anak yang masih marak terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Hari Anak Nasional 2024 yang Diperingati 23 Juli, Ini Tujuannya

"Kita harus memberikan perhatian khusus kepada anak-anak, terutama kasus kekerasan dan eksploitasi yang masih terjadi kepada anak-anak," tegasnya.

Dalam lawatannya ke Papua, Kepala Negara didampingi oleh sejumlah pejabat, termasuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Pj Bupati Kabupaten Jayapura Triwarno Purnomo, dan Pj Wali Kota Jayapura Christian Sohilait.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x