Kompas TV nasional politik

Hasil Pertemuan Surya Paloh dengan Putra Jokowi, Willy: Kaesang Mantap Berkontestasi di Luar Jakarta

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 09:50 WIB
hasil-pertemuan-surya-paloh-dengan-putra-jokowi-willy-kaesang-mantap-berkontestasi-di-luar-jakarta
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (Tengah) didampingi Ketua Fraksi Nasdem DPR Roberth Rouw di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024). (Sumber: KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, disebut sudah mantap untuk mengikuti Pilkada di luar Jakarta. 

Hal tersebut tergambar dari hasil pertemuan Kaesang Pangarep dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sebagaimana disampaijan politisi NasDem Willy Aditya dalam Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Selasa (23/7/2024).

“Dari obrolan kemarin, Bro Kaesang memiliki pilihan yang sudah mantap, sudah maknyos lah ya, untuk berkontestasi di luar Jakarta, tentu kita hormati itu,” ucap Willy.

Dalam pertemuan tersebut, Willy pun mengungkapkan diskusi yang terjadi antara Surya Paloh dengan Kaesang terjadi dalam suasana kebatinan seperti halnya seorang ayah dengan anaknya.

Baca Juga: Barbuk 8 Mobil Mewah Dugaan Kejahatan Harvey Moeis: Ferarri, Mercedes Benz, Rolls Royce hingga Lexus

“Beliau berdiskusi intensif dengan Pak Surya Paloh, karena itu sebuah suasana kebatinan antara ayah dan anak, antara senior dan junior, saling bertukar pikiran, dan keliatannya Bro Kaesang tidak di Jakarta,” kata Willy.

Lantas dikonfirmasi oleh Jurnalis Kompas TV Adisty Larasati, apakah kontestasi di luar Jakarta yang akan diikuti Kaesang adalah Pilkada Jakarta.

“Kok naga-naganya Adisty lebih bisa membaca,” ujar Willy.

Mengacu pada survei Litbang Kompas untuk Pilkada Jakarta, elektabilitas Kaesang Pangarep hanya berada di angka 1 persen. Di samping itu, Kaesang juga mendapatkan potensi penolakan tertinggi dari responden untuk dicalonkan sebagai Gubernur Jakarta pada Pilkada 2024.

Baca Juga: Kejagung Masih Lacak Aset Tersangka Kasus Timah: untuk Optimalkan Pemulihan Kerugian Negara

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas periode 15-25 Juni 2024, tidak kurang dari 33,8 persen warga yang menolak jika putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut menjadi memimpin Jakarta.

Kendati tinggi persentase penolakan, Kaesang juga tinggi peluang untuk dipertimbangkan sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh 41,8 persen pemilih. Sementara itu, ada 9,8 persen warga yang pasti akan memilih Kaesang jika dicalonkan sebagai Gubernur Jakarta dan sisanya 22,5 persen menjawab tidak tahu.

Masih dari hasil survei Litbang Kompas, Kaesang justeru moncer di Jawa Tengah. "Kaesang, yang juga putra Presiden Joko Widodo, sebesar 7 persen dalam model jawaban terbuka (top of mind) atau 19,4 persen dalam model jawaban semi-tertutup (diekstrapolasi)," demikian hasil survei Litbang Kompas seperti dikutip dari Kompas.id, Kamis (18/7/2024).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x