Kompas TV nasional rumah pemilu

PKB Belum Temukan Sosok untuk Diusung Lawan Khofifah di Pilkada Jawa Timur

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 07:53 WIB
pkb-belum-temukan-sosok-untuk-diusung-lawan-khofifah-di-pilkada-jawa-timur
Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyebut, pihaknya belum menemukan sosok untuk diusung di Pilkada Jawa Timur 2024. 

Ia mengatakan, pihaknya masih mencari sosok yang cocok untuk diusung dan bisa mengalahkan bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di pesta demokrasi nanti. 

"Ya karena memang kita harus mencari figur yang lebih kuat dari yang ada (Khofifah). Belum menemukan saja yang kira-kira akan diterima oleh PKB dan masyarakat Jawa Timur," kata Jazilul di Jakarta, Senin (22/7/2024).

Baca Juga: Daftar 10 Paslon Kantongi SK DPP Golkar, Bakal Maju Pilkada 2024: Ada Bobby Nasution hingga Khofifah

Jazilul menambahkan, pihaknya berencana mengukur kekuatan bila nantinya mengusung mantan Ketua PWNU Jawa Timur Marzuki Mustamar dengan Politikus PDIP Tri Rismaharini. 

Namun, setidaknya bila berkoalisi dengan PDIP harus bisa diterima dengan masyarakat Jawa Timur. 

"Tapi setidaknya kalau kita membangun koalisi tentu dengan figur yang diterima oleh parpol koalisi dan diyakini bisa menang," kata Jazilul. 

Sebelumnya, hasil survei Litbang Kompas pada Juni 2024 terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024 menunjukkan elektabilitas Khofifah Indar Parawansa sebesar 26,8 persen.

Elektabilitas figur kandidat bakal calon Gubernur Jawa Timur lain yang terekam adalah Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dengan 13,6 persen.

Sementara itu, dua nama lainnya, yakni Emil Elestianto Dardak dan Syaifullah Yusuf meraih kurang dari empat persen responden, yakni masing-masing 3,8 persen dan 1,8 persen.

Mengutip pemberitaan Kompas.id, Jumat (19/7/2024), Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meraih elektabilitas 0,8 persen, dan mantan Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Marzuki Mustamar meraih 0,4 persen.

Survei tersebut dilakukan pada 20-25 Juni 2024, dengan melibatkan 500 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Khofifah Tertinggi di Jatim, NasDem: Statusnya Masih Sebagai Gubernur

Margin of error survei lebih kurang 4,38 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x