Kompas TV nasional rumah pemilu

Peluang Kaesang Menang di Jateng Tinggi, PSI: Tunggu Agustus

Kompas.tv - 22 Juli 2024, 13:39 WIB
peluang-kaesang-menang-di-jateng-tinggi-psi-tunggu-agustus
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Kaesang menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menempatkan elektabilitasnya capai 7 persen. (Sumber: KOMPAS.COM/Tim Astrid Widayani)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep diprediksi akan maju di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Hal ini merujuk pada hasil survei Litbang Kompas, yang menempatkan nama putra bungsu Presiden Joko Widodo itu di urutan teratas.

Apalagi salah satu nama yang disebut, yakni Sudaryono dari Gerindra, telah dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian pada Kamis (18/7/2024). Praktis  Sudaryono tidak akan maju dalam gelaran Pilkada.

Eelektabilitas putra bungsu Presiden Jokowi itu juga moncer dalam survei Litbang Kompas untuk Pilkada Jateng, dalam simulasi terbuka atau top of mind menunjukkan, Kaesang memperoleh elektabilitas 7 persen.

Menanggapi hal itu, Juru bicara PSI Sigit Widodo mengatakan hingga saat ini belum ada keputusan dari partainya terkait Kaesang untuk maju di wilayah mana. Keputusan itu akan diumumkan ke publik pada Agustus mendatang. Namun, dirinya belum bisa memastikan tanggalnya. 

Baca Juga: AHY Respons Usulan Golkar Terkait Kaesang-Babah Alun hingga soal Jokowi Lantik 3 Wakil Menteri

"Tunggu saja keputusannya nanti di Agustus. Belum (tahu tanggalnya). Ditunggu saja," kata Sigit kepada Kompas TV, Senin (22/7/2024).

Ia menyebut, pihaknya masih mencermati situasi dan kondisi terkini sebelum memutuskan nasib Kaesang ke depannya. 

"Kami masih mencermati dinamika dan menerima masukan dari masyarakat, termasuk yang terlihat dari hasil-hasil survei," ujarnya. 

Sebelumnya, Kaesang belum menentukan keputusan akan maju di pilkada mana, apakah Jawa Tengah atau Jakarta. Dia meminta untuk menunggu kabar selanjutnya pada Agustus atau saat tahapan pendaftaran Pilkada Serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo tersebut saat peresmian Kantor DPD PSI Kota Semarang.

"Tunggu nanti, ya, di bulan Agustus saat pendaftaran. Kalaupun saya mendaftar di Jateng, pasti ketemu lagi nanti. Peluang menang, Alhamdulillah sangat besar di Jawa Tengah," kata Kaesang di Semarang, dikutip Antara, Sabtu (20/7/2024).

Dia mengatakan berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, elektabilitasnya menempati posisi teratas pada Pilkada Jateng 2024. Sementara elektabilitas Kaesang di PilkadaJakarta rendah.

Baca Juga: Pesan Politik Kaesang, Target PSI Bisa Usung Calon Wali Kota Sendiri Tanpa Koalisi

"Survei saya di DKI kan kecil. Terakhir Litbang Kompas di angka satu. Alhamdulillah, di Jateng dengan tidak ada foto, tidak ada baliho, tidak ada 'billboard', Alhamdulillah nomor satu di Jateng," katanya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x