Kompas TV nasional peristiwa

Pemasangan Bilah Garuda di Kantor Presiden IKN Rampung

Kompas.tv - 22 Juli 2024, 08:40 WIB
pemasangan-bilah-garuda-di-kantor-presiden-ikn-rampung
Proses pemasangan bilah garuda yang merupakan salah satu ikon Ibu Kota Nusantara telah rampung. (Sumber: Instagram PUPR)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

NUSANTARA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan bahwa pemasangan bilah terakhir Garuda di Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur telah selesai.

Pemasangan bilah ke-4.650 yang menandai selesainya pembangunan Garuda ini dilakukan pada Senin (22/7/2024).

Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN (OIKN), Basuki Hadimuljono menyatakan, "Alhamdulillah kita melihat dan melakukan pelaksanaan pemasangan bilah ke-4.650 yang menandai selesainya pembangunan Garuda kita ini," dikutip dari Antara, Senin (22/7/2024).

Bilah-bilah sayap tersebut terbuat dari kuningan dan baja antikorosi produksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Setiap bilah memiliki berat rata-rata 0,3 ton, sehingga total bobot Garuda IKN mencapai 1.398,3 ton.

Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) dilakukan di Sayap Barat Selubung Garuda. Acara ini disaksikan langsung oleh Menteri Basuki dan Presiden Direktur PT Siluet Nyoman Nuarta, perupa yang merancang dan membuat bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda.

Baca Juga: Ada Fenomena Embun Es dan Suhu Sentuh 5 Derajat Celsius di Gunung Merbabu, Ini Kata BMKG

Proses ini merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN. Sebelumnya, pemasangan bilah perdana telah dilakukan pada 17 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo.

Nyoman menjelaskan bahwa pengiriman dan pemasangan bilah sayap Garuda bukan pekerjaan ringan. Garuda raksasa ini dirancang dengan bentangan sayap sepanjang 177 meter dan tinggi 77 meter.

Desain Kantor Presiden di IKN (Sumber: Dok. Kemenparekraf)

Proses pengiriman bilah terakhir dilakukan dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke lokasi pembangunan di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pengiriman ini memerlukan penanganan khusus, mengingat berat dan ukuran bilah yang tidak biasa.

Selesainya pemasangan bilah Garuda ini menandai tahap penting dalam pembangunan Kantor Presiden di IKN. Garuda raksasa ini diharapkan menjadi ikon yang melambangkan semangat dan identitas Indonesia di ibu kota baru.

Baca Juga: Pengerjaan Proyek IKN, Pasokan Air dan Aliran Listrik Sudah Tersedia


 

 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x